Rufaidatunnisa, Aghniya (2021) Peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada materi mawaris menggunakan metode Role Playing berbantuan multimedia pembelajaran aplikasi android : Penelitian pada siswa kelas XII SMK Budi Bakti Utama Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (605kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dari peneliti adalah minat dan hasil belajar siswa pada materi mawaris yang masih rendah. Upaya dari guru untuk melakukan pembelajaran yang efektif yang bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan adalah sebuah keharusan sehingga pelajaran PAI tentang materi mawaris menjadi menyenangkan, maka dengan memanfaatkan metode role playing berbantuan multimedia pembelajaran aplikasi android, secara umum pembelajaran mawaris akan membuat siswa tertarik, aktif, dalam mengikuti pembelajaran dengan menyenangkan tidak membosankan, dan akhirnya dapat meningkatkan minat belajar materi mawaris dengan hasil yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran materi mawaris melalui metode role playing berbantuan multimedia pembelajaran aplikasi android, (2) untuk mengetahui proses pembelajaran siswa dalam materi mawaris menggunakan metode role playing berbantuan multimedia pembelajaran aplikasi android, (3) untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi mawaris setelah pembelajaran materi mawaris menggunakan metode role playing berbantuan multimedia pembelajaran aplikasi android, (4) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran materi mawaris menggunakan metode role playing berbantuan multimedia pembelajaran aplikasi android. Penelitian ini akan menggunakan metode mix methods. Dengan teknik observasi, wawancara, dan angket pada pengumpulan datanya. Selanjutnya data yang terkumpul akan diolah, untuk data kualitatif menggunakan analisis logika dan untuk data kuantitatif menggunakan analisis statistikaregresi, dan korelasi secara deskriptif. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa : (1) minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi mawaris sebelum pembelajaran materi mawaris melalui metode role playing berbantuan multimedia pembelajaran aplikasi android menunjukan bahwa minat belajar siswa yang kurang dalam mengikuti pembelajaran PAI materi mawaris, selanjutnya hasil belajar siswa kurang optimal masih banyak siswa yang nilainya di bawah KKM, (2) Proses pembelajaran siswa dalam materi mawaris menggunakan metode role playing berbantuan multimedia pembelajaran aplikasi android berada pada kategori baik dilihat dari penskoran akhir instrumen penelitian (uji validitas dan reliabilitas), (3) adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mawaris menggunakan metode role playing berbantuan multimedia pembelajaran aplikasi android di bandingkan dengan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mawaris menggunakan metode sebelumnya yaitu metode ceramah. (4) Faktor pendukung dalam pembelajaran materi mawaris melalui metode role playing berbantuan multimedia pembelajaran aplikasi android meliputi : a). Kreatifitas guru, b). Antusias siswa, c). Empati pimpinan sekolah, d). Sarana dan prasarana, dan e). Pembelajaran yang menyenangkan. Adapun Faktor penghambatnya antara lain : a). Banyak memakan waktu, b). Media pembelajaran, c). Ruang kelas yang sempit, d). Kurang fahamnya siswa, dan e). Persiapan yang kurang matang. Agar minat dan hasil belajar siswa pada materi mawaris peningkat, maka sekolah menyarankan dan mendukung guru untuk melakukan terobosan-terobosan terbaru dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan metode yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil dan Minat Belajar; Mawaris; Multimedia Aplikasi; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aghniya Rufaidatunnisa |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 06:20 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 06:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46381 |
Actions (login required)
View Item |