Azzahra, Cyntia Regina (2021) Pengaruh media pembelajaran kartu Truth or Dare terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi manusia : Penelitian Quasi-Experimental pada siswa kelas XI SMAN 27 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
Abstract
Pada abad 21, siswa sangat membutuhkan keterampilan berpikir kritis, karena zaman teknologi dan informasi ini siswa dituntut untuk menyesuaikan perubahan yang ada, intelektual dan kemampuan menganalisis suatu informasi serta memecahkan masalah. Dan diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran, yaitu kartu Truth or Dare. Media pembelajaran kartu Truth or Dare mampu membantu siswa belajar aktif serta melatih keterampilan berpikir kritis melalui soal-soal yang terdapat dalam kartu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aktivitas pembelajaran, menganalisis keterampilan berpikir kritis pada siswa, sert respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu Truth or Dare. Metode penelitian ini yaitu dengan Kuasi Eksperimen, dengan menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas eksperimen (XI IPA 4) dan kelas kontrol (XI IPA 5). Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, soal uraian keterampilan berpikir kritis sebanyak 20 soal, dan angket respon siswa. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu Truth or Dare terlaksana dengan sangat baik. Keterampilan berpikir kritis pada kedua kelas mengalami peningkatan dengan N-Gain pada kelas kontrol 0,50 dan pada kelas eksperimen 0,66. Respon siswa terhadap media pembelajaran kartu Truth or Dare mendapatkan rata-rata 3,83 dengan interpretasi tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | truth or dare cards; media pembelajaran keterampilan berpikir kritis; sistem reproduksi |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cyntia Regina Azzahra |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 02:21 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 02:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46396 |
Actions (login required)
View Item |