Pengaruh media pembelajaran kartu Truth or Dare terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi manusia : Penelitian Quasi-Experimental pada siswa kelas XI SMAN 27 Bandung

Azzahra, Cyntia Regina (2021) Pengaruh media pembelajaran kartu Truth or Dare terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi manusia : Penelitian Quasi-Experimental pada siswa kelas XI SMAN 27 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Pada abad 21, siswa sangat membutuhkan keterampilan berpikir kritis, karena zaman teknologi dan informasi ini siswa dituntut untuk menyesuaikan perubahan yang ada, intelektual dan kemampuan menganalisis suatu informasi serta memecahkan masalah. Dan diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran, yaitu kartu Truth or Dare. Media pembelajaran kartu Truth or Dare mampu membantu siswa belajar aktif serta melatih keterampilan berpikir kritis melalui soal-soal yang terdapat dalam kartu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aktivitas pembelajaran, menganalisis keterampilan berpikir kritis pada siswa, sert respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu Truth or Dare. Metode penelitian ini yaitu dengan Kuasi Eksperimen, dengan menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas eksperimen (XI IPA 4) dan kelas kontrol (XI IPA 5). Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, soal uraian keterampilan berpikir kritis sebanyak 20 soal, dan angket respon siswa. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu Truth or Dare terlaksana dengan sangat baik. Keterampilan berpikir kritis pada kedua kelas mengalami peningkatan dengan N-Gain pada kelas kontrol 0,50 dan pada kelas eksperimen 0,66. Respon siswa terhadap media pembelajaran kartu Truth or Dare mendapatkan rata-rata 3,83 dengan interpretasi tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: truth or dare cards; media pembelajaran keterampilan berpikir kritis; sistem reproduksi
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Cyntia Regina Azzahra
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:21
Last Modified: 23 Nov 2021 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46396

Actions (login required)

View Item View Item