Fikri, Noer Muhammad (2021) Pengembangan media pembelajaran game edukasi Construct2 berbasis android pada mata pelajaran Virus kelas X. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran dilakukan untuk memecahkan masalah kesulitan belajar siswa serta untuk melengkapi sumber belajar di sekolah. Kurangnya media pembelajaran menjadi salah satu kendala dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteriktik media yang dikembangkan, menganalisis perbandingan antara media yang digunakan sekolah dan media yang dikembangkan, menganalisis kelayakan media, dan menganalisis respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan tahapan 4-D modifikasi menjadi 3-D (Define, Design, Develop). Jenis penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi game edukasi berbasis android, sehingga dinamakan penelitian dan pengembangan, Instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara guru biologi, lembar uji validasi media construct2, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji kelayakan oleh validator ahli materi sebesar 77,7% (layak), ahli media sebesar 80% (layak) dan angket respon siswa didapatkan sebesar 84,38% (Layak). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis education games ini layak untuk digunakan dengan harapan dapat membantu proses pembelajaran materi virus menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Construct2;Game edukasi; Media Pembelajaran ; Virus |
Subjects: | Education > General Publications of Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Noer Muhammad Fikri |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 03:11 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 03:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46779 |
Actions (login required)
View Item |