Ipah Kusmawarni, Ipah (2014) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Materi Alat Indera (Penelitian Pre-Eksperimen Design pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Pasundan Rancaekek). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (503kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
Abstract
Proses pembelajaran pada materi Alat Indera biasanya dilakukan dengan metode ceramah (teacher centered) metode tersebut sering kali membuat siswa merasa jenuh sehingga menjadikan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung. Mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray yang bertujuan agar pembelajaran lebih berorientasi pada Student Centered. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stay pada materi Alat Indera serta untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Pasundan Rancaekek setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stay pada materi Alat Indera. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimen karena bertujuan untuk meneliti permasalahan didalam kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar. Analisis data yang diperoleh pada lembar observasi didapat data hasil observasi pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stay mencapai 97.65% untuk keterlaksanaan aktivitas guru dan 98.8% untuk keterlaksanaan aktivitas siswa. Dari analisis yang diperoleh rata-rata nilai siswa pada lembar kerja siswa mendapat nilai yang termasuk baik, pada pertemuan pertama yaitu 82.75 dan pertemuan kedua adalah 92.75. Sedangkan hasil belajar siswa pada materi Alat Indera memperoleh hasil yang baik dengan nilai posttest rata-rata 75.87 dan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 84.4%. Berdasarkan hasil uji Z Zhitung = 2.00 dan Ztabel = 1.65. Jadi, Zhitung > Ztabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray pada materi Alat Indera di kelas XI IPA 1 SMA Pasundan Rancaekek dapat membantu siswa dalam memahami materi Alat Indera dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran TSTS, Hasil Belajar, Alat Indera |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 02:10 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 02:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4712 |
Actions (login required)
View Item |