Atqiya, Afifah Barkatul (2021) Pengaruh media Colour Corrugated Paper (Kokoru) terhadap kemampuan kreativitas anak kelompok B Raudhatul Athfal (RA) Al-Wafa Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
Abstract
Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru,baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang relatif berbeda dengan yang telah ada sebelumnya. Mengembangkan kreativitas sangatlah penting dalam kehidupan anak dan secara tidak langsung dapat mengembangkan kegiatan belajar anak ditingkat pendidikan selanjutnya. Olah karena itu untuk menstimulus dan mengembangkan kreativitasnya, agar proses perkembangan kreativitas anak terarah maka perlu suatu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan kreativitas anak yaitu Colour Corrugated Paper (kokoru). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan perkembangan kreativitas siswa dengan menggunakan media kertas origami, (2) Untuk mengetahui kemampuan perkembangan kreativitas siswa dengan menggunakan media kertas Colour Corrugated Paper (kokoru), (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh perkembangan kreativitas anak dengan menggunakan media kertas Colour Corrugated Paper (kokoru) dengan media kertas origami. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah Nonequialent Control Grup Design. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann Whiteneyy.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas B (Kelas B1 dan B2) Raudhatul Athfal (RA) Al-Wafa Cileunyi Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Dalampenelitian ini pengumpulan data menggunakan pre test dan post test yang berfungsi untuk mengetahui pengaruh perkembangan kreativitas siswa dengan menggunakan media kertas Colour Corrugated Paper (kokoru). Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan perkembangan kreativitas siswa dengan menggunakan media kertas origami, diperoleh hasil rata-rata pre test sebesar 42 dan rata-rata post test sebesar 52 (2) kemampuan perkembangan kreativitas siswa dengan menggunakan media kertas Colour Corrugated Paper (kokoru), diperoleh hasil rata-rata pre test sebesar 33 dan rata-rata post test sebesar 42 (3) perbedaan pengaruh perkembangan kreativitas anak dengan menggunakan media kertas Colour Corrugated Paper (kokoru) dengan media kertas origami, hasil uji Z test menghasilkan nilai Zhitung sebesar = -9,02 dan Ztabel pada taraf signifikansi 5% sebesar = 1,960. Maka Zhitung = -9,02 < Ztabel = 1,960. Artinya, hipotesis alternatif (Ha) diterima hipotesis nol (Ho) ditolak, dengan kata lain Artinya, terdapat perbedaan antara kemampuan kreativitas melalui kertas Colour Corrugated Paper (kokoru) dan melalui media media kertas origami.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kreativitas; Colour Corrugated Paper (Kokoru) |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Afifah Barkatul Atqiya |
Date Deposited: | 09 Jan 2022 07:40 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 00:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47287 |
Actions (login required)
View Item |