Sormin, Nurhikmah (2021) Implementasi pembelajaran tematik di SD Negeri Kadisobo 3 Yogyakarta pada masa Pandemi COVID-19 : Penelitian deskriptif kualitatif di SD Negeri Kadisobo 3 Yogyakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_(cover).pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3docx.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi COVID-19 merupakan sebuah wabah penyakit yang hadir di Indonesia, yang berpengaruh pada pendidikan, sehingga Pemerintah membuat kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kebijakan pembelajaran daring berpengaruh terhadap implementasi pembelajaran tematik di SD Negeri Kadisobo 3. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik, faktor yang menjadi penghambat dan faktor pendukung proses pembelajaran tematik pada masa pandemi COVID-19 di SD Negeri Kadisobo 3. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru tematik kelas 2, guru tematik kelas 5, siswa kelas 2, dan siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi pembelajaran tematik pada kelas 2 dan kelas 5 di SD Negeri Kadisobo 3 menggunakan kurikulum darurat dan proses pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan tidak efektif disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi penghambat diantaranya: mayoritas pengaruh dari orang tua yang tidak dapat membimbing anak selama pembelajaran daring. Faktor yang menjadi pendukung bahwa guru selalu berpartisipasi dengan siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan cara mengunjungi peserta didik ke rumah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COVID-19;Daring;Pembelajaran Tematik |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Hikmah Sormin |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 04:14 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 04:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47985 |
Actions (login required)
View Item |