Gumilar, Agfar Firdaus (2021) Pesan dakwah dalam lagu karena kau ada karya Farman Purnama. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
Abstract
Islam merupakan agama rahmatan lil’alamin. Agama yang bergerak dalam bidang dakwah, yang memotivasi setiap umatnya untuk melakukan yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Dengan perkembangan zaman yang semakin berkembang pada saat ini, hal tersebut menimbulkan kemajuan dalam perkembangan dakwah, baik di Indonesia maupun di dunia. Banyak sekali muncul para da’i dengan metode dan media yang beragam dalam melakukan aktivitas dakwahnya tersebut. Lagu sebagai salah satu media yang dapat digunakan dalam aktivitas dakwahnya para da’i untuk menyampaikan pesan dakwah yang dibalut dengan balutan syiar dalam syair. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang dibahas melalui organisasi pesan dakwah, kategorisasi pesan dakwah, dan karakteristik pesan dakwah dalam lagu “Karena Kau Ada” karya Farman Purnama. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara dengan pencipta lagu, Farman Purnama. Untuk menganalisis organisasi pesan dakwah, penelitian ini menggunakan teori pemaknaan semantik Charles Osgood yang menjelaskan bahwa bagaimana kebutuhan makna dapat ditinjau dari makna sensikal dan makna kontekstual. Dalam menganalisis kategorisasi pesan dakwah, diklasifikasikan ke dalam tiga aspek, yaitu Aqidah, Syari’ah, dan Akhlaq. Serta karakteristik pesan dakwahnya terdiri dari aspek bersumber dari Allah SWT., terdiri dari semua cakupan bidang kehidupan, bersifat global bagi seluruh umat manusia, dalam setiap usaha akan mendapatkan ganjaran, dan selaras antara identitas dan realitas. Berdasarkan dari hasil analisis, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, isi pesan dakwah dalam lagu tersebut yaitu sebagai bentuk ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan. Dengan bersyukur artinya kita meyakini bahwa semua anugerah dan nikmat yang telah kita terima selama ini itu berasal dari Allah SWT. kedua, kategorisasi pesan dakwah dalam lagu ini terdiri dari aspek Aqidah berjumlah 3 (tiga) pesan dakwah, aspek Syari’ah berjumlah 7 (tujuh) pesan dakwah, dan aspek Akhlaq berjumlah 2 (dua) pesan dakwah. ketiga, karaktersitik pesan dakwah dalam lagu ini ditujukan untuk semua kalangan, artinya tidak membeda-bedakan antara agama, suku, ras, budaya, warna kulit, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Kemudian lagu ini juga mengajarkan kita agar senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan, serta mengajarkan untuk tidak pernah putus asa dalam menjalani kehidupan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Wacana; Pesan Dakwah; Lagu |
Subjects: | Islam > Da'wah Analysis, Theory of Functions General Principles of Music and Musical Form > Popular Music |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Agfar Firdaus Gumilar |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 00:41 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 00:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48757 |
Actions (login required)
View Item |