Novianti, Heni (2021) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah Karya Andrea Hirata untuk membina karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan nilai karakter amat perlu dilakukan, mengingat saat ini semakin banyak anak bangsa yang melakukan tawuran, melakukan bentuk-bentuk kenakalan remaja, dan menipisnya rasa sopan santun terhadap orang yang lebih tua. Remaja zaman sekarang rasa sopan santun sudah hilang dari dirinya. Bertutur kata, berperilaku terhadap orang yang lebih tua sudah tidak diperhatikan lagi dengan baik. Ketidakseimbangan antara kesadaran moral dan pembenahan budaya dapat mengakibatkan, menimbulkan dan memperlihatkan kerapuhan karakter yang bersifat negatif yang terwujud dalam pembullyan dan kekerasan. Salah satu pelajaran yang dapat dintegrasikan dengan pendidikan karakter dalam pembelajaran adalah karya sastra, pembacaan novel. Karena melalui pembacaan novel, pembaca (peserta didik) dapat membentuk karakter peserta didik. Novel Ayah merupakan salah satu novel yang mendidik. Mendidik manusia menjadi manusia tahu adat yang tergambar dalam keseharian tokoh Sabari yang tekun dan pekerja keras, periang, penyayang, dan menghormati yang lebih tua khususnya orang tuanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel Ayah Karya Andrea Hirata serta untuk membina dan menerapkan Pendidikan Karakter kepada siswa MI. Dengan begitu salah satu pelajaran yang dapat dintegrasikan dengan pendidikan karakter dalam pembelajaran adalah karya sastra; pembacaan novel. Seperti yang dikatakan Syaidah, dkk (2019) pembacaan novel, pembaca (peserta didik) dapat membentuk karakter peserta didik. Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif kepustakaan. Jenis penilitian yang digunakan adalah Library Research (studi kepustakaan). Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan data penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan ada 17 karakter yang ada didalm novel Ayah yaitu religius, jujur, tanggung jawab, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta damai, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, meghargai prestasi, gemar membaca, demokrasi, dan peduli lingkungan. Penerapkan ke-17 karakter ini adalah dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan dilingkungan sekolah seperti ekstrakuler, intrakulikuler serta kegiatan-kegiatan rutin lainnya yang dapat dijadikan kebiasaan-kebiasaan untuk siswa MI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter; novel; madrasah ibtidaiyah |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Heni Novianti |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 06:40 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 06:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49053 |
Actions (login required)
View Item |