Halim, Ilham Mahendra (2022) Pengembangan mobile learning berbasis Assemblr Edu sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa: Penelitian R&D di SMAN 22 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (25MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (41MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada Mobile learning berbasis Assemblr EDU sebagai sumber belajar yang bisa diakses di mana dan kapan pun. Namun masalah yang ditemukan berupa kurangnya kemandirian belajar siswa karena merasa bosan dengan pembelajaran daring sehingga berakibat pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sumber belajar berupa Mobile learning berbasis Assemblr EDU untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa serta melihat tanggapan guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sumber data didapatkan dari validator materi, validator media, siswa XI MIPA 7 SMAN 22 Bandung. Analisis data untuk pengembangan mobile learning berbasis Assemblr EDU mendapatkan kriteria layak dari ahli materi 1, ahli materi 2 dan siswa serta mendapatkan kriteria cukup dari ahli materi, memiliki efektivitas sedang dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dan kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa Mobile learning berbasis Assemblr EDU bisa menjadi sumber belajar di mana dan kapan pun karena menarik serta menyenangkan, mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa, dan mendapat tanggapan yang baik dari guru matematika SMAN 22 Bandung dan siswa XI MIPA 7 SMAN 22 Bandung. Mobile learning berbasis Assemblr EDU memiliki kontribusi untuk proses pembelajaran sebagai sumber belajar yang bisa diakses di mana dan kapan pun untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile learning; Assemblr Edu; Sumber Belajar; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Kemandirian Belajar Siswa |
Subjects: | Education, Research Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ilham Mahendra Halim |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 01:57 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 01:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50094 |
Actions (login required)
View Item |