Pengaruh kreativitas mengajar dan keterampilan mengelola kelas pada guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap prestasi belajar siswa: Penelitian terhadap siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wilayah Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung

Nulhakim, Ripki Lukman (2022) Pengaruh kreativitas mengajar dan keterampilan mengelola kelas pada guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap prestasi belajar siswa: Penelitian terhadap siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wilayah Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Ruang lingkup penelitian ini mengarah pada permasalahan prestasi belajar siswa yang barkaitan erat dengan kreativitas mengajar dan keterampilan mengelola kelas guru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas mengajar dan keterampilan mengelola kelas guru secara parsial dan secara simultan terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas V di wilayah Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung. Metodologi yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode cros sectional. Populasi berjumlah 160 orang. Dengan menggunakan persamaan rumus slovin, didapatkan sampel sebanyak 114 responden yang dipilihberdasarkan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan kuisioner tertutup dengan menggunakan skala likert. Data dianlisis menggunakan analisis deskriptif, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan pertama, , kreativitas mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa berdasarkan tabel coefficient dengan nilai nilai t hitung 5,785 > t tabel 1,98157 dengan hasil koefisien determinasi pengaruh sebesar 23,5 %. Kedua, keterampilan mengelola kelas memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai t hitung -0,681 < t tabel 1,98157. Adapun, hasil koefisien determinasi pengaruh sebesar 8 %. Ketiga, kreativitas mengajar dan keterampilan mengelola kelas guru secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi pengaruh sebesar 23,8 %. Adapun melalui uji F, F hitung sebesar 17,339 > nilai F tabel 3,08 maka H0 ditolakdan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas mengajar dan keterampilan mengelola kelas guru secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. Sehingga secara simultan, semakin tinggi kreativitas mengajar dan keterampilan mengelola kelas guru maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wilayah Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung. ENGLISH : The scope of this research leads to the problem of student achievement that is closely related to teaching creativity and teacher classroom management skills. Bandung district. The methodology used is a quantitative approach with a cross sectional method. The population is 160 people. By using the Slovin formula equation, a sample of 114 respondents was obtained which was selected based on the simple random sampling technique. Data collection techniques used unstructured interviews and closed questionnaires using a Likert scale. Data were analyzed using descriptive analysis, and multiple regression analysis. The results of the study show that, firstly, teacher teaching creativity has a positive and significant effect on student achievement based on the coefficient table with a t-count value of 5.785 > t- table 1.98157 with a coefficient of determination of influence of 23.5%. Second, classroom management skills have a negative and insignificant effect on student achievement with a t value of -0.681 < t table 1.98157. Meanwhile, the result of the coefficient of determination of influence is 8%. Third, teaching creativity and classroom management skills simultaneously have a positive and significant effect on teacher performance with a coefficient of determination of effect of 23.8%. Meanwhile, through the F test, the calculated F is 17.339 > the F table value is 3.08, then H0 is rejected and Ha is accepted. This shows that there is a positive and significant effect between teaching creativity and teacher classroom management skills simultaneously on student achievement. So that simultaneously, the higher the creativity of teaching and the skills of managing the teacher's class, the higher the learning achievement of class V students in Madrasah Ibtidaiyah, Nagreg District, Bandung Regency. يؤدي نطاق هذا البحث إلى مشكلة تحصيل الطلاب التي ترتبط ارتباطًا وثيقًا بتدريس الإبداع ومهارات إدارة الفصل الدراسي للمعلم منطقة باندونغ. المنهجية المستخدمة هي نهج كمي مع طريقة مقطعية. يبلغ عدد سكانها 160 نسمة. باستخدام معادلة Slovin ، تم الحصول على عينة من 114 مشاركًا تم اختيارهم بناءً على تقنية أخذ العينات العشوائية البسيطة. استخدمت تقنيات جمع البيانات المقابلات غير المنظمة والاستبيانات المغلقة باستخدام مقياس ليكرت. تم تحليل البيانات باستخدام التحليل الوصفي وتحليل الانحدار المتعدد. اظهرت نتائج الدراسة اولا ان تدريس الابداع المدرس له اثر ايجابي و معنوي على تحصيل الطالب بناء على جدول المعامل بقيمة t-count 5.785> t-table 1.98157 مع معامل تحديد التأثير 23.5٪. . ثانيًا ، لمهارات إدارة الفصل تأثير سلبي وغير معنوي على تحصيل الطلاب بقيمة t -0.681 <جدول 1.98157. في حين تبلغ نتيجة معامل تحديد التأثير 8٪. ثالثًا ، كان لتعليم الإبداع ومهارات إدارة الفصل الدراسي تأثير إيجابي وهام على أداء المعلم مع معامل تحديد التأثير 23.8٪. في غضون ذلك ، من خلال اختبار F ، تكون قيمة F المحسوبة 17.339> قيمة جدول F تساوي 3.08 ، ثم يتم رفض H0 ويتم قبول Ha. يوضح هذا أن هناك تأثيرًا إيجابيًا وهامًا بين تدريس الإبداع ومهارات إدارة الفصل الدراسي للمعلم في وقت واحد على تحصيل الطلاب. لذلك ، في نفس الوقت ، كلما زاد إبداع التدريس ومهارات إدارة فصل المعلم ، زاد التحصيل التعليمي لطلاب الصف الخامس في مدرسة ابتدائية ، منطقة نجريج ، مقاطعة باندونغ

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Mengajar Guru;Keterampilan mengelola Kelas;Prestasi Belajar;
Subjects: Culture and Institutions
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ripki Lukman Nulhakim
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:11
Last Modified: 25 Apr 2022 03:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50599

Actions (login required)

View Item View Item