Nurapni, Selpi (2021) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Adabul 'Alim Wal Muta'allim karya KH. Hasyim Asy'ari dan relevansinya dengan pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah: Analisis relevansi nilai pendidikan akhlak dalam kitab 'Adabul 'Alim Wal Muta'allim dengan pembelajaran Aqidah Akhlak di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
Abstract
Berkaca pada keadaan pendidikan akhlak di Indonesia saat ini, sudah tidak mengherankan jika diluar sana banyak layar televisi dan berita-berita media masa yang menayangkan kasus moral yang tidak relevan dengan nilai-nlai pendidikan akhlak termasuk merosotnya akhlak seorang murid yang tidak sopan kepada guru serta sikap yang tidak mencerminkan sebagai orang yang berpendidikan. Menurut Ki Hadjar Dewantara pendidikan ialah upaya untuk memajukan bertumbuhnya karakter, pemikiran, dan tubuh anak. Jenjang pendidikan dasar ialah fondasi dini dalam menanamkan pendidikan akhlak, maka pembelajaran akhlak di MI bisa menjadi sarana pengetahuan dan penanaman pada peserta didik. Tetapi dalam kasus ini masih banyak murid yang tidak sopan kepada gurunya. Maka peneliti memilih menganalisis kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya K.H Hasyim Asy’ari karena beliau berkontribusi besar dalam pendidikan akhlak di Indonesia. Dalam kitab ini memuat mengenai konsep pendidikan akhlak untuk pengajar dan pelajar yang bisa dijadikan acuan dalam meningkatkan pendidikan akhlak di Indonesia terkhusus para murid yang kurang mempunyai adab kepada gurunya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan : 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya KH.Hasyim Asy’ari; 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim dengan pembelajaran Aqidah akhlak di MI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research) dengan teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan ialah teknik Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Dari penelitian ini hasilnya ditemukan bahwa: Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dapat di klasifikasikan menjadi : Akhlak terhadap Allah, Akhlak terhadap diri sendiri, Akhlak terhadap sesama makhluk diantaranya, akhlak terhadap Nabi Muhammad SAW, akhlak terhadap murid/pencari ilmu, akhlak terhadap guru dan akhlak terhadap teman. Relevansi antara nilai pendidikan akhlak dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dengan pembelajaran Aqidah akhlak di MI dilihat dari kesesuaian nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam kitab sesuai dengan pembelajaran Aqidah akhlak di MI. Diantara nilai pendidikan yang memiliki relevansi ialah: Nilai religius, Nilai mandiri, Nilai sabar, Nilai kasih sayang, Nilai rasa ingin tahu, Nilai disiplin, Nilai hidup sehat dan bersih, Nilai sopan santun, Nilai rendah hati (tawadhu), Nilai jujur, Nilai rajin, Nilai dapat dipercaya (amanah), Nilai tolong menolong, Nilai hormat dan patuh, Nilai tanggung jawab, Nilai adil, Nilai teguh pendirian, Nilai optimis dan Nilai bijaksana.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai; Pendidikan Akhlak; 'Adabul 'Alim Wal Muta'allim; Aqidah Akhlak |
Subjects: | Religious Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Selpi Nurapni |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:13 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51245 |
Actions (login required)
View Item |