Damayanti, Nevi (2022) Penggunaan E-Comic pada topik pemanasan global untuk mengembangkan literasi lingkungan siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (827kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis pengembangan literasi lingkungan siswa, dan mengidentifikasi tanggapan siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan e-comic pada topik pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan adalah pre- experiment dengan desain penelitian one-shot case study dan model pembelajaran inkuiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 MAN 6 Tasikmalaya yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa, tes kemampuan literasi lingkungan, dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai kategori sangat baik dengan persentase 99%. Kemampuan literasi lingkungan siswa memperoleh nilai rata – rata 75 pada indikator pengetahuan lingkungan, nilai 71 pada indikatior keterampilan kognitif, nilai 77 pada indikator sikap terhadap lingkungan, dan nilai 88 pada indikator tindakan terhadap lingkungan. Secara keseluruhan kemampuan literasi lingkungan siswa memperoleh nilai rata – rata sebesar 77 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan e-comic pada topik pemanasan global dapat mengembangkan literasi lingkungan siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran;e-comic;literasi lingkungan;pemanasan global. |
Subjects: | Ecology > Environmental Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nevi Damayanti |
Date Deposited: | 31 May 2022 07:52 |
Last Modified: | 31 May 2022 07:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51665 |
Actions (login required)
View Item |