Fatimah, Eva Nurul (2022) Penerapan model pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan argumentasi peserta didik. Tantangan keterampilan abad 21 di Indonesia dihadapi dengan penerapan Kurikulum 2013 untuk meningkatkan berbagai jenis keterampilan salah satunya keterampilan argumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Argument Based Science Inquiry(ABSI) dan peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaranABSI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design, penelitian dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik (kelompok eksperimen) tanpa adanya kelompok pembanding dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Karya Budi dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Argument Based Science Inquiry berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 90% dan peserta didik sebesar 83%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitungsebesar 20,40dan nilai ttabel sebesar 2,042(thitung>ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sainspeserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Argument Based Science Inquiry dengan nilai N-gain sebesar 0,79 pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI); keterampilan Argumentasi; Peserta Didik; Usaha dan Energi |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Eva Nurul Fatimah |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 04:58 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 04:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51898 |
Actions (login required)
View Item |