Hikmat, Fajril Nur (2022) Implementasi manajemen bimbingan ibadah haji dalam meningkatkan pelayanan jamaah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
Abstract
Kemenag Seksi Haji Kabupaten Majalengka memiliki pengelolaan secara jelas dan transparansi yang sehat sehingga bimbingan dan pelayanan yang terus meningkat. Memiliki rancangan dalam penyusunan program untuk melayani bagi para calon jamaah haji secara optimal. Namun dalam peningkatan sebuah pelayanan harus ada aspek materian dan non material dengan ilmu manajemen yang bisa meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik dan efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara untuk memanajemen, membimbing dan melayani bagi para jamaah ibadah haji untuk menjadi seorang pemimpin. Berbagai macam teori dalam penelitian ini ialah teori manajemen, bimbingan, pelayanan tentang kemenag seksi haji dan juga teori mengenai pelaksanaan dan evaluasi pelayanan ibadah haji. Selain itu, ada juga teori yang terkait dengan ibadah haji ditunjang oleh dasar hukum Al-Qur’an dan Hadist. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif karena metode ini mampu mengungkapkan dan menganalisis fenomena yang terjadi di lapangan, dengan jenis data yang digunakan adalah kualitatif, serta teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam membimbing dan melayani kepada para calon jamaah haji mereka pada awalnya harus membuat perencanaan yang dilakukan oleh Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji. Dalam sebuah pengorganisasian adanya faktor pendukung dan juga penghambat. Dapat didukung melalui kehadiran dan pondasi dan perangkat keras yang mendukung pula. Sedangkan faktor nya yaitu pada saat mati lampu dan otomatis jaringan siskohat pun mati. Untuk pelaksanaan atau penggerakan pelayanan pendaftaran haji alhamdulilah sudah berjalan dengan baik. Untuk evaluasi nya yaitu setiap satu bulan satu kali pada akhir bulan atau awal bulan. Dengan tujuan untuk memperbaiki pelayanan bagi para pendaftar haji dan pembatalan haji.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Manajemen; Bimbingan; Pelayanan Ibadah Haji |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Alternative Schools |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Fajril Nur Hikmat |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 05:08 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 05:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54142 |
Actions (login required)
View Item |