Efrima, Chentia (2022) Penerapan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (544kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif menjadi salah satu keterampilan yang dituntut harus dilatihkan kepada peserta didik di Abab 21. Namun yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik masih rendah. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Collaborative Creativity dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Collaborative Creativity pada materi Usaha dan Energi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 1 Rancaekek Kabupaten Bandung dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Collaborative Creativity berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 95% dan peserta didik sebesar 89%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 47,27 dan nilai ttabel sebesar 2,042 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Collaborative Creativity dengan nilai N-gain sebesar 0,78 pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative Creativity; keterampilan berpikir kreatif; usaha dan energi; |
Subjects: | Education, Research Physics > General Publications of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Chentia Efrima |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 06:05 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 06:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54426 |
Actions (login required)
View Item |