Suaidah, Siti (2022) Manajemen pembelajaran kelas atlet dalam meningkatkan prestasi peserta didik : Penelitian di Madrasah Aliyah Ibnu Aqil Ibnu Sina Soreang Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (820kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang: (1) Bagiamana Program pembelajaran kelas Atlet dalam meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Aliyah Ibnu ‘Aqil-Ibnu Sina Soreang; (2) Bagaimana pelaksanaan program pembelajaran kelas Atlet dalam meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Aliyah Ibnu ‘Aqil-Ibnu Sina Soreang; (3) Bagaimana pengawasan dan evaluasi program pembelajaran kelas atlet dalam meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Aliyah Ibnu ‘Aqil-Ibnu Sina Soreang Bandung (4) Bagaimana prestasi atlet yang dicapai Madrasah Aliyah Ibnu ‘Aqil-Ibnu Sina Soreang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakamad Keatletan, Wakamad Kurikulum, Wakamad Kesiswaan, Pelatih dan peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1). program pembelajaran kelas atlet dimulai dengan: a). seleksi peserta didik melalui beberapa jalur diantaranya jalur mandiri, jalur prestasi, jalur atlet dan jalur beasiswa, b). pengrekrutan pelatihan tidak dilakukan secara terbuka namun melalui relasi sekolah yang tentunya semua pelatih harus mempunyai lisensi baik tingkat nasional maupun Asia cabang olahraga yang diadakan diantaranya: Voli, Futsal, Tenis Meja, sepak bola, bulutangkis, pencaksilat, taekwondo, panding, panahan, catur dan renang pengadaan cabang olahraga tersebut diadakan berdasarkan hasil identifikasi dari peserta didik. 2). Pelaksanaan program pembelajaran kelas atlet terbagi menjadi dua sesi dimulai dari pukul 08:00- 13:00 untuk pelajaran akademik dan dari pukul 13:00-16:00 untuk pembelajaran atlet atau latihan, peserta didik setidaknya mengikuti pelatihan keatletan 10 jam dalam seminggu. 3). Pengawasan dan evaluasi program kelas atlet, pengawasan dilakukan dengan cara melihat kehadiran dan perkembangan dari para guru maupun para pelatih, untuk evaluasi pembelajaran akademik diadakan KUIS, UTS, UAS dan UM sedangkan untuk pembelajaran keatletan diserahkan kepada pelatih masing-masing. 4). Prestasi peserta didik sudah mencapai tingkat nasional bahkan ada peserta didik dari cabang olahraga futsal yang bergabung di tim nasional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pembelajaran; Atlet |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Suaidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 05:41 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 05:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54717 |
Actions (login required)
View Item |