Nurhaliza, Annisa Siti (2022) Pengaruh konsep belajar cerdas dalam buku belajar cerdas : Belajar berbasiskan otak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian di kelas VII SMP Cendekia BAZNAS Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (611kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah pemahaman berkenaan dengan pembelajaran menggunakan perspektif mekanisme kerja otak dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam sebuah pembelajaran, otak menjadi organ yang paling penting berperan dalam memproses materi pembelajaran. Proses belajar yang tidak mengoptimasikan kerja otak maka peserta didik tidak dapat berkembang secara efektif. Untuk membuktikan teori tersebut, maka dilakukanlah penelitian di SMP Cendekia BAZNAS Bogor. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh penggunaan konsep belajar cerdas dalam buku Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Cendekia BAZNAS dan bagaimana signifikansinya. Konsep belajar cerdas dalam buku Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak ini menjelaskan bahwa belajar yang efektif hanya terjadi dalam suasana yang menyenangkan dan dengan kegiatan yang mengaktifkan semua kecerdasan (accelerated learning). Metode penelitian yang digunakan ialah content analysis dan analitis deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi serta teknik tes untuk melihat signifikansi pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang dari total populasi 64 siswa kelas VII. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa sebelum diberi perlakuan ialah 69,93 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkannya konsep belajar cerdas berdasarkan buku Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak ialah sebesar 81,92 sehingga mengalami peningkatan sebesar 11,99. Didapatkan pula t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% (13.168 > 2.039) dan memiliki nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yakni 0,000 yang berarti dapat disimpulkan bahwa Konsep Belajar Cerdas dalamu buku Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP Cendekia BAZNAS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Belajar Cerdas; Hasil Belajar; Belajar Berbasiskan Otak; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education > Psychology of Education Building for Educational and Research Purposes |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Annisa Siti Nurhaliza |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 05:43 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 05:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54719 |
Actions (login required)
View Item |