Hadian, Dhandy Bhima Shakty (2022) Konsep etika belajar peserta didik dalam kitab adab Al-'Alim Wa Al-Muta'allim karya Syaikh Hasyim Asy'ari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (576kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan terdapat fenomena rendahnya etika peserta didik yang terjadi di sekolah pada saat proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari masih adanya kasus yang terjadi, seperti kondisi kelas yang tidak kondusif saat proses pembelajara, adanya peserta didik yang membolos sekolah, bahkan ada juga peserta didik yang berani melawan pendidiknya ketika ditegur, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep etika belajar yang harus dimiliki dan diterapkan oleh peserta didik yang terdapat dalam kitab adab al-‘alim wa al-muta’allim karya Syaikh Hasyim Asy’ari. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teori bahwa untuk mengatasi rendahnya etika belajar peserta didik dapat dilakukan dengan menerapkan pembiasaan etika yang terdapat dalam kitab adab al-‘alim wa al-muta’allim. Etika lebih diutamakan daripada ilmu yang lain, karena dengan etika yang baik maka ilmu yang lain akan lebih mudah untuk dimengerti. Metode yang digunakan adalah Penelitian Studi Pustaka (liblary research) dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analasis data model Milles dan Huberman, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep etika belajar peserta didik yang terkandung dalam kitab adab al-‘alim wa al-muta’allim dapat dirangkum menjadi tiga pokok bahasan. Pertama, peserta didik harus mempersiapkan dirinya sebelum memulai pembelajaran, yaitu dengan membersihkan hati dan memperbaiki niat. Kedua, pada prakteknya peserta didik harus belajar dengan sungguh-sungguh, harus dapat mengatur waktu kegiatannya, serta harus menjaga etika ketika berada di kelas. Ketiga, peserta didik harus menjaga etika terhadap pendidik. Harus menghormatinya dan harus bersikap sopan terhadap pendidik, baik ketika di kelas, ketika ingin menemuinya, ketika berhadapan dengannya, ketika berpapasan di jalan, dan ketika berjalan bersama pendidik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika; Peserta Didik; Pendidik; Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim |
Subjects: | Education > Philosophy and Theory of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dhandy Bhima Shakty Hadian |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 00:59 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 00:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54912 |
Actions (login required)
View Item |