Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) berbantu media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Animalia

Hati, Permata (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) berbantu media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Animalia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran biologi memiliki kompleksitas tinggi sehingga siswa mendapatkan tuntutan supaya berpikir kritis sekaligus harus bisa mengembangkan keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) berbantu media Wordwall pada materi animalia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent pretest posttest group desain. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa terdiri dari dua kelas. Hasil rata-rata analisis keterlaksanaan proses pembelajaran aktivitas guru sebesar 97,5% dengan kategori sangat baik dan keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 92,5% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen yaitu 26,1 dan rata-rata nilai posttest yaitu 84,6 dengan N-gain 0,79 dengan kategori tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung = 2,06 > t tabel 1,86 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) berbantu media Wordwall memiliki rata-rata nilai 3,00 dengan kategori tinggi. Dengandemikian, pengaruh pembelajaran menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantu media Wordwall pada materi animalia berpengaruh positif sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: TTW berbantu media wordwall; quasi eksperimen; hasil belajar; animalia
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Depositing User: Permata Hati
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:13
Last Modified: 05 Sep 2022 08:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55713

Actions (login required)

View Item View Item