Hati, Permata (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) berbantu media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Animalia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran biologi memiliki kompleksitas tinggi sehingga siswa mendapatkan tuntutan supaya berpikir kritis sekaligus harus bisa mengembangkan keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) berbantu media Wordwall pada materi animalia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent pretest posttest group desain. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa terdiri dari dua kelas. Hasil rata-rata analisis keterlaksanaan proses pembelajaran aktivitas guru sebesar 97,5% dengan kategori sangat baik dan keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 92,5% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen yaitu 26,1 dan rata-rata nilai posttest yaitu 84,6 dengan N-gain 0,79 dengan kategori tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung = 2,06 > t tabel 1,86 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) berbantu media Wordwall memiliki rata-rata nilai 3,00 dengan kategori tinggi. Dengandemikian, pengaruh pembelajaran menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantu media Wordwall pada materi animalia berpengaruh positif sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TTW berbantu media wordwall; quasi eksperimen; hasil belajar; animalia |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Depositing User: | Permata Hati |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 08:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 08:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55713 |
Actions (login required)
View Item |