Wulan, Hafizhun Anandhita (2022) Pengaruh model Guided Discovery berbantuan media pembelajaran berbasis Booklet terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA : Penelitian quasi eksperimen di SMAN 2 Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran biologi materi sistem reproduksi cenderung terpusat pada guru berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa terlihat enggan untuk mengemukakan pertanyaan/pendapat dan sulit dalam mengembangkan ide. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran guided discovery berbantuan media booklet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di salah satu SMA di Indramayu. Penelitian ini merupakan Quasi-Eksperimental dengan pre-test post-test nonequivalent control design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster randomly sampling sehingga sampelnya adalah X1 MIPA 1 (kelas eksperimen) dan XI MIPA 3 (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model guided discovey berbantuan booklet memiliki rata-rata pre-test 41 dan post-test 82. Sedangkan pada kelas tanpa menggunakan model guided discovey berbantuan booklet memiliki rata-rata pre-test 31 dan post-test 56. Hasil Uji Independent Sample T-Test menggunakan aplikasi SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikasi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model guided discovery berbantuan media berbasis booklet terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem reproduksi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Guided Discovery; Booklet; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Hafizhun Anandhita Wulan |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 04:35 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 04:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57694 |
Actions (login required)
View Item |