Peran Institusi Pendidikan dalam mendorong perubahan sosial masyarakat: Studi Deskriptif SMP Terbuka 1 Wanaraja Kampung Pangkalan Desa Sindangratu Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut

Marliani, Yiyis (2014) Peran Institusi Pendidikan dalam mendorong perubahan sosial masyarakat: Studi Deskriptif SMP Terbuka 1 Wanaraja Kampung Pangkalan Desa Sindangratu Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Pendidikan masih menjadi salah alat dalam meningkatkan perkembangan manusia,baik secara pola pikir maupun perkembangan secara teknologi.Namun masih saja ada sebagian masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan itu tidak penting. Sehingga mereka tidak menyelesaikan pendidikan bahkan meninggalkan pendidikan.Persepsi masyarakat seperti hal tersebut membuat masyarakat terkungkung dalam sebuah pola pikir yang lama.Maka mereka para orangtua lebih memilih menikahkan anaknya,dan tidak terlalu mendukung dalam menempuh pendidikan. Pembahasan ini beranjak dari kerangka pemikirannya teori struktur fungsional disebut juga teori sistem sosial, teori keseimbangan,dan teori fungsionalisme. Struktur dan fumgsi menurut teori ini merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan tetapi dua model konsep ini pula berhubungan dekat. Dimana struktur dapat digambarkan secara sederhana dengan organ tubuh manusia dan fungsi digambarkan dengan tujuan dan struktur. Adapun tujuan dari penelitian ini,untuk mengetahui keadaan objektif SMP Terbuka di Kampung Pangkalan Desa Sindangratu Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut.Untuk mengetahui Peran institusi pendidikan (SMP Terbuka) dalam menciptakan perubahan social masyarakat di Kampung Pangkalan Desa Sindangratu Wanaraja-Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di Kampung Pangkalan Desa Sindangratu Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut. Hasil penelitian menunjukan bahwa perserpsi masyarakat Kampung Pangkalan tentang pendidikan masih tidak terlalu bermakna. Tetapi dengan adanya SMP Terbuka masyarakat Kampung Pangkalan mulai terbuka dan berkembang pemikirannya terhadap pendidikan. Dengan semakin banyaknya siswa siswi yang bersekolah di SMP Terbuka,karena didorong oleh orangtuanya. Orang tua mereka lebih memilih menyekolahkan anaknya dan menunda pernikahan anaknya. Karena SMP Terbuka juga memberikan dana bantuan pendidikan kepada siswa untuk keperluan sekolahnya. Maka adanya perubahan seperti para siswa yang notabenenya bagian dari masyarakat Kampung Pangkalan menjadi berperan aktif dalan setiap kegiatan Kamoung tersebut. Dan adanya pergeseran perubahan tingkat pendidikan yang awalnya lulusan SD (Sekolah Dasar) menjadi lulusan SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 28 May 2018 17:47
Last Modified: 28 May 2018 17:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5846

Actions (login required)

View Item View Item