Sovian, Sovian (2022) Pendidikan karakter di madrasah: Penelitian di MTs Inovatif Daarul Ihsan Cimahi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_KOP.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya kasus-kasus negatif yang terjadi dikalangan remaja khususnya Indonesia. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menunjukkan data bahwa angka kerusuhan siswa sekolah di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut menjadikan peneliti khawatir pada perkembangan generasi bangsa dimasa depan sehingga dalam hal ini lembaga pendidkan diharapkan lebih memperhatikan pentingnya pendidikan karakter para peserta didiknyanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi manajemen Pendidikan karakter di MTs Inovatif Daarul Ihsan Cimahi. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif metode deskriptif. Adapun untuk pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, display hingga verifikasi, dan terakhir data di absahkan melalui triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter di MTs Inovatif Daarul Ihsan Cimahi memiliki konsep pengintegrasian kedalam mata pelajaran, program muatan lokal dan pengembangan diri. Adapun pada implementasinya MTS Inovatif Daarul Ihsan Cimahi menerapkan 18 nilai-nilai karakter yang sudah diidentifikasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Melalui model integrasi ini maka semua guru adalah pengajar pendidikan karakter. Nilai-nilai karakter yang diitegrasikan berjumlah delapan belas yang sudah diidentifikasi oleh kementrian pendidikan nasional, lalu di integrasikan pada setiap mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Nilai yang diintegrasikan pada mata pelajaran di kembangkan melalui pengembangan silabus dan RPP pada kompetensi yang telah sesuai dengan nilai karakter yang diharapkan. Muatan lokal difokuskan pada penanaman nilai karakter bahasa Sunda, dan pengembangan diri difokuskan pada pembiasaan, ekstrakurikuler dan bimbingan konseling.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Karakter; Madrasah |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sovian Sovian |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 02:49 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 02:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58559 |
Actions (login required)
View Item |