Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi perubahan lingkungan: Penelitian pre-experimental pada siswa kelas X di SMAN 1 Cibitung

Fajrin, Delima Nurcahyati (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi perubahan lingkungan: Penelitian pre-experimental pada siswa kelas X di SMAN 1 Cibitung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here pada sub materi perubahan lingkungan, menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here pada sub materi perubahan lingkungan, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here pada sub materi perubahan lingkungan. Dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada sub materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah preexperimental design, dengan one-group pretet-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, pretest dan posstest, dan pengisian angket respon siswa. Keterlaksanaan pembelajaran di peroleh rata-rata aktivitas guru sebesar 100% dan aktivitas siswa sebesar 100% dengan kategori sangat baik, peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,46 dengan kategori sedang, dan siswa menunjukkan respon positif dengan rata-rata nilai 84% berkategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Everyone Is A Teacher Here; hasil belajar; perubahan lingkungan.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Delima Nurcahyati Fajrin
Date Deposited: 03 Oct 2022 05:00
Last Modified: 03 Oct 2022 05:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58890

Actions (login required)

View Item View Item