Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem

Rahmani, Asni (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak. Suatu pembelajaran jika hanya berpusat pada guru saja membuat siswa tidak aktif dalam pembelajaran dan cepat merasa bosan sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang masih belum mencapai KKM. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran materi ekosistem, menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa, dan menganalisis respon siswa terhadap pembelajaran materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe index card match. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian Pra-Eksperimental Designs dengan menggunakan One Group Pretes-Posttest Design. Adapun sampel penelitian yaitu sampel jenuh terdiri dari satu kelas dengan jumlah 34 siswa. Keterlaksanaan pembelajaran materi ekosistem dengan menerapkan Index Card Match dilihat dari aktivitas guru 90% dan aktivitas siswa sebesar 87% sehingga dikategorikan sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran materi ekosistem tinggi dengan nilai 3,8. Pembelajaran materi ekosistem dengan menerapkan model Index Card Match dapat membantu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, dengan peningkatan hasil belajar (N-Gain) 0.65 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; Hasil Belajar; Index Card Match
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Asni Rahmani
Date Deposited: 05 Oct 2022 01:57
Last Modified: 05 Oct 2022 01:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59105

Actions (login required)

View Item View Item