Masani, Hilma (2022) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui Self Organized Learning Environment (SOLE) berbasis edpuzzle ditinjau dari resiliensi siswa: Penelitian kuasi eksperimen kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (600kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (977kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa karena sebagai salah satu kemampuan matematis yang harus dikuasai siswa. Hal ini pun dilatarbelakangi oleh perlu ditingkatkannya kemampuan pemecahan masalah matematis di suatu SMA didukung dengan studi pendahuluan yang telah dilakukan. Salah satu alternatif untuk menanggulangi permasalahan tersebut yaitu dengan pembelajaran dengan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) berbantuan edpuzzle. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari resiliensi siswa; (c) peningkatan resiliensi siswa kearah yang lebih baik dengan penggunaan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) berbantuan edpuzzle. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel kelas X IPA 1 dan X IPA SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan non tes yang berupa angket resilensi siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) berbantuan edpuzzle lebih baik; (b) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) berbantuan edpuzzle lebih baik berdasarkan tingkat resiliensi sisw, (c) Terdapat peningkatan resiliensi siswa ke arah yang lebih baik dengan penggunaan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) berbantuan edpuzzle;. Maka, model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) berbantuan edpuzzle efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan peningkatan resiliensi siswa ke arah yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SOLE (Self Organized Learning Environment); Edpuzzle; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Resiliensi. |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hilma Masani |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 06:35 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 06:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59874 |
Actions (login required)
View Item |