Sholihah, Zakiatush (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran Context Based Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas IV : Penelitian quasi eksperimen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan observasi awal bahwa tingakat kemampuan berpikir kreatif di kelas 4 SDN Cimasuk Sumedang masih sangat kurang penyebab pertama adalah karena adanya pandemic Covid-19 penyebab kedua adalah kurang minatnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran karena merasa jenuh dan kurang bersemangat mengikuti pembelajaran, menyebabkan kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa berkembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganilisis keterlaksanaan model Context Based Leraning dan pengaruh dari penerapan model Context Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 4 pada pembelajaran IPA. Pendekatan quasi eksperimen metode kuantitatif, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Pada penelitian ini kelas eksperimen menerima pembelajaran dengan model Context Based Learining. Hasil observasi didapatkan pada kelas ekperimen kegiatan guru terlaksana sebesar 95% dan kegiatan siswa sebesar 91% sedangkan pada kelas kontrol kegiatan guru terlaksana sebesar 76% dan kegiatan siswa sebesar 66%. Hasil penelitian menunjukan pengaruh dari model CBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dari hasil uji hipotesis dengan uji T Independent Mann Whitney U didaptkan pada kelas eksperimen dan adanya peningkatan pada kelas eksperimen setelah dianalisis dengan n-gain. Untuk kelas eksperimen penimgkatan pada kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajran CBL; Berpikir Kreatif |
Subjects: | Elementary Education > Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Zakiatush Sholihah |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 01:55 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 01:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60269 |
Actions (login required)
View Item |