Azahra, Siti Ayuni (2022) Pengembangan game pembelajaran Escape Room pada topik tabel periodik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (50kB) |
||
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (15MB) | Preview |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (15MB) |
||
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (15MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : Pada zaman ini, setiap orang telah terbiasa hidup berdampingan dengan teknologi. Begitupun pada dunia pendidikan, teknologi dapat digunakan sebagai penyampaian suatu ilmu pengetahuan dalam proses pembelajaran yang dapat disebut sebagai media pembelajaran. Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu berupa game edukasi. Pada pembelajaran kimia, salah satu materi dasar yang harus dikuasai ialah materi tabel periodik. Game pembelajaran escape room pada topik tabel periodik dibuat untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode DBR (Design Based Research) untuk mendeskripsikan tahapan pembuatan, uji validasi dan uji kelayakannya. Game pembelajaran ini merupakan suatu permainan berbasis android, di mana peserta didik disajikan sebuah tampilan yang menarik serta diberikan beberapa pertanyaan dengan tingkat kesukaran yang berbeda yang diiringi sebuah video singkat mengenai topik tabel periodik di setiap perpindahan levelnya. Rata-rata nilai rhitung pada uji validasi materi dan media ialah sebesar 0,70 dan 0,94. Setelah direvisi, uji kelayakan yang dilakukan terhadap 10 responden memperoleh rata-rata persentase kelayakan sebesar 85,96%. Hal tersebut, menunjukkan bahwa sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. ENGLISH : In this age, everyone has been used to coexist with technology. Similarly, in the world of education, technology can be used as the delivery of a science in the learning process that can be referred to as a learning medium. One type of learning media that can be used is in the form of educational games. In chemistry learning, one of the basic materials that must be mastered is the periodic table material. Escape Room Learning Games on the topic of the periodic table are created to overcome this. The study uses the DBR (Design Based Research) method to describe the manufacturing stage, validation test and eligibility test. This learning game is an android based game, where learners are presented an interesting display and asked several questions with different difficulty levels accompanied by a short video on the topic of the periodic table at each level move. The average calculating value on the validation test of material and media is 0.70 and 0.94. After revised, the eligibility test conducted on 10 respondents earned an average of 85.96% eligibility percentage. This shows that it is very worth using as a learning medium.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Pembelajaran; Escape Room; Tabel Periodik |
Subjects: | Education Chemistry and Allied Science > Chemists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Siti Ayuni Azahra |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 03:17 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 03:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61576 |
Actions (login required)
View Item |