Akmaludin, Ja'far (2022) Penerapan media pembelajaran berbasis Virtual-Lab menggunakan PhET Simulation untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi gerak parabola. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah menjadi salah satu keterampilan belajar abad 21 yang dikenal dengan 4C salah satunya adalah keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, pengaruh dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah dengan menerapkan media pembelajaran berbasis virtual-lab menggunakan PhET Simulation pada materi gerak parabola. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan adalah X MIPA 2 MAS As-sa’idah dengan jumlah sebanyak 21 peserta didik. Instrumen penelitian berupa Lembar Observasi (LO), soal tes keterampilan pemecahan masalah dan instrument penunjang menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Teknik analisis data menggunakan perhitungan analisis lembar observasi, N-Gain, uji t dan instrumen penunjang menggunakan perhitungan analisis LKPD. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran berbasis virtual-lab menggunakan PhET Simulation pada aktivitas guru sebesar 95% pada kategori sangat baik, aktivitas peserta didik 90% pada kategori sangat baik dan rata-rata nilai LKPD sebesar 83% pada kategori baik sekali. Kemudian nilai N-Gain sebesar 0,52 pada kategori sedang. Sebelum dilakukakn uji t data pretest dan posttest dihitung menggunakan uji normalitas menggunakan Lilliefors, hasil perhitungan menunjukan data pretest dan posttest terdistribusi normal. Hasil uji t yang telah diperoleh dari perhitungan adalah thitung = 37,40 > ttabel = 2,09 dengan taraf signifikansi 5%, maka disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan media pembelajaran berbasis virtual-lab menggunakan PhET Simulation pada materi gerak parabola.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual-lab; PhET Simulation; Keterampilan Pemecahan Masalah; Gerak Parabola |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Secondary Education > Upper Level Secondary School Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ja'far Akmaludin |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 00:56 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 00:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62175 |
Actions (login required)
View Item |