Choerunisa, Dinan Aghnia (2023) Pengembangan modul Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write, Evaluation (POE2WE) berbasis Ispiring Suites untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Unpublished)
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (319kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada abad ke-21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, menganalisis keterlaksanaan, mengevaluasi peningkatan keterampilan berpikir kritis dan mengetahui respon peserta didik penggunaan media dengan menggunakan pengembangan modul POE2WE berbasisi ispring suites pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimental desain Pretest-One Group-Postestt. Sampel yang digunakan adalah XI IPA MA Negeri 1 Kuningan sebanyak 31 peserta didik. Instrumen penelitian berupa lembar angket validasi ahli media, materi dan guru fisika, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis AABTLT with SAS, soal keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji validitas menurut Gregory, perhitungan SAS, N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan jika koefisien validitas memperoleh sebesar 0,978, presentase keterlaksanaan model pembelajaran POE2WE sebesar 75,40%. Dan memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Hasil uji t yang telah diperoleh dari hasil perhitungan adalah thitung 15,12 > ttabel 3,197, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya modul POE2WE berbasis ispring suites pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan modul;POE2WE;Ispring Suites;Berpikir kritis;Gelombng bunyi |
Subjects: | Knowledge Knowledge > Research; Statistical Methods Knowledge > Reseach Methods Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dinan Aghnia Choerunisa |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 03:12 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 03:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63177 |
Actions (login required)
View Item |