Rahmah, Sayla Rizqiana (2022) Penerapan strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) berbantu Zenius untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis : Penelitian pre-eksperimental dilakukan di kelas X MAN 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (774kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan di MAN 2 Bandung, nilai rata-rata tes penalaran matematis masih tergolong rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan penalaran matematis adalah dengan menerapkan strategi Student Team Heroic Leadership (STHL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) pada materi persamaan linear satu variabel dan peningkatan penalaran matematis siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 MAN 2 Bandung, dengan jumlah sampel sebanyak 29 orang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan penerapan strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) berbantu zenius mengalami peningkatan pada tiap pertemuan. Rata-rata aktivitas guru sebesar 89,77% dengan kategori sangat baik, dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 84,39% dengan kategori sangat baik. (2) Penalaran matematis siswa pada pertemuan kesatu, kedua dan ketiga mengalami peningkatan. Namun, masih ada beberapa siswa yang belum mencapai target ketuntasan panalaran matematis setiap pertemuannya. (3) Peningkatan penalaran matematis siswa mengalami peningkatan tinggi dilihat dari hasil uji hipotesis dan data normal gain. (4) Terdapat perbedaan antara sebelum dan setelah keterlaksanaan pembelajaran matematika strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) berbantu zenius dimana kesesuaian kemampuan siswa pada indikator yang belum tercapai pada awal studi pendahuluan, telah tergapai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Team Heroic Leadership (STHL); zenius; penalaran matematis; persamaan linear satu variabel. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Elementary Education > Mathematics for Elementary Education Adult Education > Adult Education in Indonesia Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sayla Rizqiana Rahmah |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 00:29 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 00:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63840 |
Actions (login required)
View Item |