Khoerunisa, Khoerunisa (2022) Penerapan metode make a match untuk mengembangkan keterampilan 4C (Critical Thinking, Creative, Collaboration and Communication) pada materi laju reaksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
Abstract
Revolusi abad 21 menuntut untuk meningkatkan kualitas agar bisa bertahan di era globalisasi ini. Salah satu caranya dengan memiliki keterampilan 4C. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, serta menganalisis pengembangan keterampilan 4C siswa pada setiap tahapan pembelajaran menggunakan metode make a match berbantuan kartu soal. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design yaitu one shot case study. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA SMA Darussalam Wanaraja Garut dengan jumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja peserta didik (LKPD), serta soal posttest. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 96,75% dengan interpretasi sangat baik. Skor rata-rata aktivitas siswa pada tahapan metode make a match yaitu 3,87. Nilai rata-rata tertinggi yang dicapai adalah 4 dan nilai rata-rata terendah adalah 3,5. Berdasarkan aktivitas dan lembar kerja siswa, nilai rata-rata keterampilan 4C 91,125 dengan interpretasi sangat baik. Skor rata-rata tertinggi ialah keterampilan berpikir kreatif 97,5 dengan interpretasi sangat baik dan skor terendah adalah keterampilan berpikir kritis yaitu 87 dengan interpretasi baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis keterampilan 4C siswa setelah penerapan metode make a match menunjukan adanya pengaruh penerapan metode make a match terhadap pengembangan keterampilan 4C siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make a match; kartu soal; keterampilan 4C; laju reaksi; |
Subjects: | Education Chemistry and Allied Science Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Khoerunisa Khoerunisa |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 07:41 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 07:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66076 |
Actions (login required)
View Item |