Yuliansari, Lisna (2023) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis berdasarkan teori Watson. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (463kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis berdasarkan kriteria Watson pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini melibatkan 20 orang siswa kelas VIII pada salah satu SMP di kecamatan Talaga dengan teknik pengumpulan data pemberian tes sebanyak empat soal dengan indikator kemampuan pemahaman matematis dan wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis berdasarkan kriteria Watson yaitu siswa pada kemampuan tinggi melakukan kesalahan pada kriteria prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, dan masalah hierarki keterampilan. Siswa pada kemampuan sedang melakukan kesalahan data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, masalah hierarki keterampilan dan selain ketujuh kriteria. Sedangkan pada kemampuan rendah prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, manipulasi tidak langsung, masalah hierarki keterampilan dan selain ketujuh kriteria. Penyebab siswa melakukan kesalahan-kesalahan tersebut diantaranya tidak mengetahui cara mengubah persoalan ke dalam bentuk kalimat matematika, tidak teliti saat menghitung, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan, dan tidak memahami soal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesalahan; Teori Watson; Kemampuan pemahaman matematis |
Subjects: | Mathematics Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lisna Yuliansari |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 02:19 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 02:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66428 |
Actions (login required)
View Item |