Faidzi, Egi Muhamad Nur (2023) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran Pelangi Matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah; untuk memperoleh informasi atau gambaran mengenai proses pembelajaran matematika dengan Metode Pelangi Matematika; untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Pelangi Matematika; dan untuk mendapatkan informasi mengenai tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran Pelangi Matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif-analitis. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Kota Bandung. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes dan instrumen non-tes berupa lembar observasi, dan angket tanggapan siswa. Tes yang digunakan adalah tes untuk mengukur peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk uraian dan diberikan kepada siswa setelah memperoleh pembelajaran Pelangi matematika. Lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa berupa daftar isian guru pamong. Angket yang digunakan adalah angket tertutup. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa gambaran proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Pelangi ini berjalan dengan baik dan cukup konsisten; secara rata – rata terjadi penurunan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada penelitian ini dari 53.04, 43.91, 39.57; respon siswa terhadap pembelajaran dengan model Pelangi matematika secara umum menunjukkan respon yang positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Pelangi Matematika; Pemecahan Masalah; |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Adult Education > Distance Education Adult Education > Geographic Treatment of Adult Education Adult Education > Adult Education in Indonesia Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Egi Muhamad Nur Faidzi |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 01:15 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 01:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66642 |
Actions (login required)
View Item |