Chantika, Mutiara (2023) Hubungan kepribadian guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover-2.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-2.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1-1.pdf Download (452kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2-1.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3-1.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4-1.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5-1.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka-1.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam hubungan kepribadian guru dengan hasil belajar siswa, kepribadian guru ini sangatlah berperan penting. Proses belajar mengajar dan hasil belajar para siswa bukan saja ditentukan oleh sekolah, pola, struktur, dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing para siswa yaitu kompetensi kepribadian guru. Guru yang berkompeten akan lebih mampu mengelola kelasnya, sehingga belajar para siswa berada pada tingkat optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepribadian guru di kelas IV, untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas IV, dan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Cibodas Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode koresional dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 35 orang siswa kelas IV MI Cibodas Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, tes soal dan dokumentasi. Angket digunakan untuk data kepribadian guru dan tes soal untuk hasil belajar siswa, adapun dokumentasi digunakan untuk pengambilan data profil madrasah dan profil siswa kelas IV MI Cibodas Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik korelasi bivariate yang diawali uji normalitas, uji korelasi , dan menghitung nilai koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai rata-rata untuk kepribadian guru di kelas IV MI Cibodas Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi yaitu sebesar 69,65 dan berada pada kategori baik. sedangkan besarnya nilai rata-rata untuk hasil belajar siswa yaitu 62,71 dan berada pada kategori baik. Rumus korelasi yang digunakan dalam penelitian ini berupa korelasi rank spearmen, karena salah satu datanya yaitu data hasil belajar siswa tidak berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji korelasi rank spearmen yaitu r hitung sebesar 0,463 dengan jumlah responden 35 siswa. maka diperoleh hasil r tabel sebesar 0,3338, sehingga nilai r hitung (0,463) > nilai r tabel (0,3338). Artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepribadian guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Cibodas Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan 46,3% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kepribadian guru. Oleh karena itu, kepribadian guru memberikan kontribusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Cibodas Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan; Kepribadian Guru; Hasil Belajar |
Subjects: | Applied Psychology Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam Educational Institutions, Schools and Their Activities Elementary Education Lumber Technology > Production of Finished Lumber |
Depositing User: | Mutiara Chantika |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:58 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66666 |
Actions (login required)
View Item |