Strategi dakwah dalam optimalisasi penanganan kenakalan remaja : Studi deskriptif pada KH. Agus Sukmana. M.Ag. di Pimpinan Cabang Syarikat Islam Kabupaten Bandung

Aisy, Tazkia Aulia Rihadatul (2023) Strategi dakwah dalam optimalisasi penanganan kenakalan remaja : Studi deskriptif pada KH. Agus Sukmana. M.Ag. di Pimpinan Cabang Syarikat Islam Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

K.H Agus Sukmana, M.Ag, merupakan Da’i penggerak Islam di desa Cikoneng dan merupakan pimpinan PC Syarikat Islam, beliau dikenal dengan kedermawannannya serta perilaku yang sangat baik sehingga banyak disukai para jamaah, selain dengan kebaikannya beliau juga berdakwah dengan berbagai kalangan dari remaja hingga orangtua. Kenakalan remaja yang terjadi di lingkungan Syarikat Islam merupakan remaja yang terkena karena faktor ekonomi sehingga remaja yang seharusnya semangat belajar untuk masa depan harus terputuskan karena faktor ekonomi, selain itu salah pergaulan seperti melalukan sex bebas, preman di bawah umur dan geng motor yang membahayakan orang lain. Jamaah yang rutin mengikuti sekitar 48 remaja yang rutin mengikuti kegiatan-kegiatan keremajaan guna mengurangi dampak negatif yang marak terjadi karena budaya barat. Adapun masalah utama yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah Strategi Dakwah Dalam Optimalisasi Penanganan Kenakalan Remaja (Studi Deskriptif Pada Kh. Agus Sukmana. M.Ag. Di Pimpinan Cabang Syarikat Islam Kabupaten Bandung). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Cara Strategi Dakwah, pelaksanaan serta Hasil yang diperoleh dalam menangani kenakalan remaja yang tidak diinginkan di lingkungan Syarikat Islam. Peneliti ini berdasarkan teori Strategi Dakwah yaitu perencanaan yang berisikan rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan dakwah. Metode yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, serta dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Pada proses keberhasilan dalam menyampaikan dakwah kepada anak yang terkena dampak maupun belum terkena dampak dari kenakalan remaja, K.H Agus Sukmana, M.Ag. memiliki beberapa metode, diantaranya pertama, melalui metode sosialisasi, bertujuan agar remaja diajak untuk mengikuti kegiatan kepemudaan yang ada di Syarikat Islam seperti pada kegiatan forum diskusi yang diadakan melalui Via Whatsapp grup guna penunjang tercapainya sasaran dakwah kepada remaja yang saat ini sangat aktif di media sosial. Kedua, menggunakan metode tadarus, metode tadarus sangat efektif dan efisien, dimana K.H Agus Sukamana, M.Ag, dapat menyampaikan dakwah dengan media al-Qur’an serta para remaja dapat memahami isi kandungan al-Qur’an yang menjadi pedoman mereka di Yaumil Akhir. Ketiga, menggunakan metode cermah, metode ceramah salah satu metode yang banyak di minati, selain humor yang selalu di sampaikan juga materi dan isi kajiannya pun sangat menarik untuk para remaja yang saat ini sibuk di dalam budaya barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Dakwah; Kenakalan Remaja
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Social Process > Conflict Social
General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Tazkia Aulia Rihadatul Aisy
Date Deposited: 23 May 2023 06:25
Last Modified: 23 May 2023 06:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68368

Actions (login required)

View Item View Item