Dampak fenomena Spill pada media sosial TikTok terhadap perilaku mahasiswa: Penelitian pada mahasiswa jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nurhayati, Lela (2023) Dampak fenomena Spill pada media sosial TikTok terhadap perilaku mahasiswa: Penelitian pada mahasiswa jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan media sosial TikTok khususnya di kalangan mahasiswa yang dapat memberikan dampak besar pada perilaku mahasiswa khususnya perilaku konsumsi dengan adanya fenomena spill yang ada pada media sosial TikTok, yang memungkinkan dirinya melakukan konsumsi berlebih tanpa memperhatikan kebutuhan yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan supaya bisa mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh fenomena spill pada media sosial TikTok terhadap perilaku mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran fenomena Spill di kalangan mahasiswa sosiologi serta faktor yang melatarbelakangi pembelian barang dari fenomena Spill tersebut dan juga untuk mengetahui serta mendeskripsikan dampak dari maraknya fenomena Spill di TikTok terhadap perubahan perilaku mahasiswa Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Masyarakat Konsumtif dari Jean Baudrillard. Menurut Baudrillard. realitas konsumsi dalam masyarakat konsumtif telah mengalami pergeseran secara dramatis, karena dewasa ini orang-orang membeli produk/barang untuk memenuhi keinginan mereka (desire) daripada kebutuhan mereka (needs). Metode penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data primernya ialah mahasiswa jurusan Sosiologi yang aktif menggunakan media sosial TikTok dengan jumlah 5 orang mahasiswa (jenuh) dan data sekundernya ialah kajian ilmiah terdahulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi partisipatif pasif yang merupakan bagian dari observasi partisipatif, lalu melakukan wawancara tidak terstruktur. Lebih lanjut untuk teknik analisis datanya bersifat induktif atau berangkat dari data lapangan pada mahasiswa Jurusan Sosiologi yang kemudian dilakukan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini ialah mahasiswa Sosiologi yang aktif menggunakan media sosial TikTok dengan intensitas penggunaan yang tinggi memungkinkan dirinya lebih banyak terpapar fenomena-fenomena yang ada termasuk fenomena Spill pada media sosial TikTok yang didalamnya banyak informasi barang dan produk yang menarik yang membuat mereka terkonformasi untuk membeli barang yang di Spill. Faktor yang mempengaruhi seseorang membeli suatu barang atau produk yang telah di Spill pada media sosial TikTok adalah untuk mengikuti trend fashion dan untuk mencapai kesenangan dan eksistensi diri. Dampak dari fenomena Spill pada media sosial TikTok terbagi menjadi dua. Dampak positifnya yaitu adanya efisiensi waktu untuk mencari suatu barang yang diinginkan dan review yang jelas. Sedangkan dampak negatifnya yaitu menjadi semakin konsumtif, mengharapkan pengakuan diri berlebih, kebutuhan tidak terpenuhi khususnya kebutuhan mahasiswa untuk menunjang perkuliahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; TikTok; Konsumtif; Mahasiswa
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: LELA NURHAYATI
Date Deposited: 24 May 2023 01:36
Last Modified: 24 May 2023 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68398

Actions (login required)

View Item View Item