Usep, Saepul Alam (2023) Manajemen kurikulum Tilawatil Quran. Masters thesis, UIn Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (433kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyaknya pertimbangan peneliti dalam melihat keunikan sekaligus kekurangan yang mungkin beberapa menjadi kelemahan pesantren, hal tersebut menjadikan peneliti khawatir atas perkembangan kurikulum pada zaman era modern saat ini. Sehingga apa yang terjadi saat ini menjadi motivasi bagi pesantren untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kualitas pendidikan di pesantren dalam hal Manajemen Kurikulum yang kurang diperhatikan administrasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi Manajemen Kurikulum Program Tilawatil Quran dimana ada beberapa hal yang diidentifikasikan dan disesuaikan dengan rumusan masalah yang diformulasikan dengan teori yang sudah ada. Adapun poin-poin dalam mengidentifikasi teori diatas yakni Perencanaan, Implementasi, Evaluasi dan Output. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif dengan beberapa cara pengumpulan bahan datanya dengan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan cara reduksi data, display data hingga pada verifikasi data, dan yang terkhir data diabsahkan melalui triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada manajemen kurikulum program tilawatil Qur’an di Pesantren Al-Qur’an Al-Falah II Nagreg meliputi beberapa aspek yakni Perencanaan, Implementasi, Evaluasi dan Output atau hasil pembelajaran yang melibatkan beberapa staff pengajar dan ustadz yang menjadi subjek terhadap peserta didik. Selanjutnya prosedur yang ditetapkan di pesantren memenuhi beberapa kriteria yang di klasifikasikan diantaranya, adanya tim penyusun kurikulum, penanggung jawab atas berjalannya perencanaan yang dimana menjadi poin dalam penyelesaian perencaan kurikulum. Kemudian selanjutnya implementasi dimana pada tahap ini adanya persiapan yang harus di hadirkan, yakni kesiapan Ustadz, kesiapan Santri, kesiapan Fasilitas, kesiapan pimpinan dan kesiapan biaya. Kemudian adanya evaluasi setelah pembelajaran dilaksanakan, evaluasi kurikulum di lakukan setiap satu tahun sekali, satu semester sekali satu bulan sekali dan setiap hari oleh setiap bidang pelajaran yang di ampu oleh ustadznya. Terakhir yaitu Output, yakni pada poin terakhir ini pesantren berharap santri mampu memberikan harapan baru untuk perkembangan pesantren.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Kurikulum; Tilawah Al-Qur’an |
Subjects: | Secondary Education > Academic and Vocational School Secondary Education > Geographic Treatment of Secondary Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Usep Saepul Alam |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 08:21 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 08:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69297 |
Actions (login required)
View Item |