Tresnawati, Isna (2023) Persepsi mahasiswa tentang pembelajaran Microteaching pengaruhnya terhadap keterampilan mengajar mahasiswa : Penelitian pada jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di Latarbelakangi oleh permasalahan pendidikan yang sangat kompleks sehingga perlu adanya perbaikan. Salah satu solusi dari permasalahan pendidikan khususnya yang ada di Indonesia adalah dengan memperbaiki kualitas seorang pendidik atau guru. Pembelajaran microteaching menjadi sangat penting karena menjadi bekal pengetahuan dan peningkatan kemampuam keterampilan mengajar mahasiswa sebagai calon guru. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui :1. Persepsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019 terhadap Pembelajaran Microteaching. 2. Untuk mengetahui Keterampilan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019 terhadap Pembelajaran Microteaching. 3. Untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Microteaching terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019”. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran bahwa persepsi mahasiswa tentang pembelajaran microteaching terhadap mahasiswa diduga memiliki hubungan dengan keterampilan mengajar. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif Kuantitafif dan eksplanatori. Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Populasi yang diteliti adalah 240 mahasiswa angkatan 2019 dengan penarikan sampel teknik random sampling, dengan jumlah sampel 71 mahasiswa. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu : Uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji linearitas, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan :1) Realitas variabel (X) Persepsi Mahasiswa tentang pembelajaran microteaching termasuk kategori “Tinggi” karena berada dalam rentang interval 3,40-4,19 dengan nilai Mean 4,1. 2) Realitas variabel (Y) Keterampilan Mengajar Mahasiswa termasuk kategori “Tinggi” karena berada dalam rentang interval 4,20-5,00 dengan nilai Mean 4,3. .3)Pengaruh antara persepsi Mahasiswa tentang pembelajaran microteaching dengan keterampilan mengajar mahasiswa berkorelasi positif dan signifikan, dengan koefisien korelasinya 0,598 terdapat pada tingkat korelasi kuat, karena terdapat pada kategori 0,50-0,70 yang artinya hubungan antara Persepsi Mahasiswa tentang pembelajaran microteaching pengaruhnya terhadap keterampilan mengajar mahasiswa memiliki hubungan yang kuat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | microteaching; keterampilan mengajar; mahasiswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Isna Tresnawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 01:03 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 01:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70052 |
Actions (login required)
View Item |