Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau berdasarkan tahapan Newman

Maesaroh, Pipih (2023) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau berdasarkan tahapan Newman. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan tahapan Newman. Menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes wawancara. Subjek penelitian diikuti oleh 27 orang siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Kersamanah. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa siswa dengan kelompok tinggi melakukan kesalahan pada kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi dan kesalahan penulisan jawaban. Siswa pada kelompok sedang melakukan kesalahan pada kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Siswa pada kelompok rendah juga melakukan kesalahan pada kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut diantaranya lupa dan tidak terbiasa mengubah informasi ke dalam bentuk kalimat matematika, tidak teliti saat menghitung, tidak terbiasa dan lupa menuliskan kesimpulan, serta tidak memahami soal. Solusi untuk menghindari kesalahan yang dilakukan siswa tersebut diantaranya mengingatkan siswa untuk menguasai konsep dan lebih teliti dalam menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Siswa; Soal Cerita; Sistem Persamaan Linier Dua Variabel; Tahapan Newman
Subjects: Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pipih Maesaroh
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:40
Last Modified: 07 Jul 2023 06:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70387

Actions (login required)

View Item View Item