Lestari, Anggi Dwi (2023) Perbandingan hasil belajar model Problem Based Learning dan Discovery Learning pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK_SKRIPSI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
Abstract
Ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dilihat melalui perolehan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik masih berada pada kategori rendah, hal ini disebabkan penggunaan strategi, pendekatan, model serta metode yang digunakan guru kurang tepat dalam membangun pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning pada materi gelombang bunyi. Kedua model tersebut diterapkan dengan menggunakan teknik penilaian Authentic Assessment Based on Teaching and Learning Trajectory with Student Activities Sheet (AABTLT with SAS). Metode yang digunakan yakni metode kuasi eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent multiple Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN I Jampangtengah, dengan sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yakni kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 berjumlah 28 peserta didik dan kelas XI MIPA 3 sebagai kekas eksperimen 2 berjumlah 31 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yakni AABTLT with SAS dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan rata-rata presentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 tergolong pada kategori efektif dan sangat efektif. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen 1 adalah 0,55 dengan kategori sedang dan kelas eksperimen 2 adalah 0,61 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test menunjukkan nilai thitung (0,723) < ttabel (2,009), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan setelah penerapan model Problem based learning (PBL) dan Discovery learning pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Model Problem Based Learning; Model Discovery Learning; Gelombang Bunyi |
Subjects: | Education, Research Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Anggi Dwi Lestari |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 08:19 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 08:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71178 |
Actions (login required)
View Item |