Pengelolaan instagram @disbudparkotacirebon sebagai bentuk Digital Public Relations

Alipha, Maura Nurul (2023) Pengelolaan instagram @disbudparkotacirebon sebagai bentuk Digital Public Relations. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Instagram yang kini digunakan di banyak ranah, termasuk penyebaran informasi budaya dan pariwisata oleh instansi pemerintah, khususnya oleh divisi Humas sebagai bagian dari upaya digital humas, merupakan salah satu contoh platform media sosial yang masih terus mengalami perkembangan. Kajian pengelolaan Instagram bagi Disbudpar Kota Cirebon sebagai media informasi pariwisata dan budaya tentu menarik untuk disimak karena menawarkan berbagai konten yang menarik, mulai dari kegiatan internal dan eksternal yang diunggah di Instagram hingga penggunaan basic search. Hal ini dikarenakan pengguna Instagram dijadikan sebagai sumber informasi kegiatan kehumasan digital di bidang pariwisata dan budaya yang dilakukan oleh pemerintah yang masih tergolong baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan Instagram @disbudparkotacirebon sebagai bentuk kegiatan digital public relations ada tahapan share konten, optimize pesan, manage akun, dan engage public sebagai bagian dari digital public relations dalam memberikan informasi kebudayaan dan pariwisata.Mengacu pada empat tahapan pengelolaan media sosial sebagai bagian dari digital public relations, penelitian ini menggunakan konsep The Circular Model of Some dari Regina Lutrell untuk mempermudah perumusan indicator pengumpulan data terkait pengelolaan media sosial.Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa Disbudpar Kota Cirebon mengelola Instagram sebagai bentuk kegiatan digital public relations dilakukan dengan empat tahap, yaitu: Pertama, Share dalam membagikan konten yang informatif dilakukan dengan kegiatan brainstorming antara humas dengan pimpinan yng dikemas secara menarik. Kedua, Optimize pesan yang dikemas oleh Disbudpar Kota Cirebon diambil dari hasil riset dan penulisan pesan disesuaikan dengan ketentuan lembaga mengenai informasi yang perlu disampaikan. Ketiga, Manage dalam kegiatan montoring yang dilakukan oleh Disbudpar Kota Cirebon melalui pembuatan konten dan live event di Instgaram, serta melalui insight. Keempat, Engage dalam menjalin keterlibatan publik yang dilakukan oleh Disbudpar Kota Cirebon dengan menjalin kerja sama dengan pihak eksternal yang kemudian dibuat konten dan di unggah di media sosial sebagai bagian dari kegiatan digital public relations. Simpulan penelitian yakni Disbudpar Kota Cirebon telah mengelola Instagram @disbudparkotacirebon sebagai bentuk kegiatan digital public relations dalam memberikan konten yang informatif melalui share konten, optimize pesan, manage akun, dan engage publik. Instagram sebagai media sosial memiliki fitur yang menarik terlepas dari kelebihan dan kekurangannya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti media promosi, media kampanye, dan lainnya. ENGLISH : Instagram, which is now being used in many areas, including the dissemination of cultural and tourism information by government agencies, particularly by the PR division as part of digital pubic relations efforts, is an example of a social media platform that is still experiencing development. The reseach of Instagram management for Disbudpar Kota Cirebon as a tourism and cultural information medium is certainly interesting to observe because it offers a variety of interesting content, ranging from internal and external activities uploaded on Instagram to using basic search. The purpose of this reseach was to find out the management of Instagram @disbudparkotacirebon as a form of digital public relations activity, there are stages of sharing content, optimizing messages, managing accounts, and engaging the public as part of digital public relations in providing cultural and tourism information. Referring to the four stages of social media management as part of digital public relations, this reseach uses the concept of The Circular Model of Some from Regina Lutrell to facilitate the formulation of data collection indicators related to social media management. This research resulted in the finding that the Cirebon City Disbudpar manages Instagram as a form of digital public relations activity carried out in four stages, namely: First,Sharing in sharing informative content is carried out by brainstorming activities between public relations and leaders which are packaged in an attractive way. Second, Optimize the messages packaged by the Cirebon City Disbudpar taken from the results of research and writing messages according to the institution's provisions regarding the information that needs to be conveyed. Third, Manage the montoring activities carried out by the Cirebon City Disbudpar through content creation and live events on Instagram, as well as through insight. Fourth, Engage in establishing public involvement carried out by the Cirebon City Disbudpar by collaborating with external parties which then create content and upload it on social media as part of digital public relations activities. The conclusion of the research is that the Cirebon City Disbudpar has managed Instagram @disbudparkotacirebon as a form of digital public relations activity in providing informative content through sharing content, optimizing messages, managing accounts, and engaging the public. Instagram as a social media has attractive features regardless of its advantages and disadvantages that can be used for various purposes such as promotional media, media campaigns, and others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Instagram; Disbudpar Kota Cirebon; Digital Public Relations.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Maura Nurul Alipha
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:13
Last Modified: 24 Jul 2023 06:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72100

Actions (login required)

View Item View Item