Zahra, Sastria Nurul (2023) Pengembangan E-Module berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Suhu dan Kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik, salah satu penyebabnya karena pengaruh dari pembelajaran sebelumnya yang dilakukan secara online dan berlangsung cukup lama sehingga membuat motivasi belajar peserta didik menurun. Pengembangan media bahan ajar yang menarik seperti e-module berbasis Articulate storyline (AS) diharapkan dapat meransang peserta didik untuk tertarik belajar fisika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan respon peserta didik terhadap e-module berbasis AS. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah research and development dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Penelitian dilakukan kepada 30 orang peserta didik kelas XI MIPA 3 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Sukabumi menggunakan desain one group pretest-posttest. Fokus materi yang digunakan pada penelitian ini adalah materi suhu dan kalor. Hasil analisis keseluruhan aspek penilaian e-module berbasis AS memperoleh persentase sebesar 83% dengan interpretasi sangat baik. Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan e-module berbasis AS memperoleh persentase rata-rata sebesar 87% dengan interpretasi sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis memperoleh hasil persentase N-Gain sebesar 69% yang termasuk ke dalam kategori sedang, dan respon peserta didik terhadap e-module berbasis AS memperoleh persentase 81% yang diinterpretasikan sangat positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kritis; e-module; Articulate Storyline |
Subjects: | Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sastria Nurul Zahra |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:45 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72437 |
Actions (login required)
View Item |