Pengelolaan konten dakwah di media sosial TikTok : Studi deskriptif pada akun TikTok @risyad_bay

Farhah, Lu'lu Mar'atul (2023) Pengelolaan konten dakwah di media sosial TikTok : Studi deskriptif pada akun TikTok @risyad_bay. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan dalam konten dakwah di media sosial TikTok menjadi hal yang utama untuk dapat dilakukan. Saat ini TikTok merupakan platform media sosial yang termasuk ke dalam pengguna terbanyak dibandingkan media sosial lainnya, keberadaan awal TikTok hanya menampilkan penggunanya melakukan tarian dengan musik, namun saat ini banyak juga pengguna yang memanfaatkannya dengan menyampaikan ajaran agama Islam/berdakwah, salah satunya akun tiktok @risyad_bay. Berdasarkan pra penelitian yang peneliti lakukan terhadap akun TikTok @risyad_bay, peneliti melihat konten-konten yang disampaikan oleh konten kreator tersebut memiliki pengelolaan/strategi dakwah yang dapat diteliti untuk diambil sebagai pelajaran. Maka hal tersebut menjadi ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan konten dakwah melalui media sosial yang terdapat dalam akun TikTok @risyad_bay, bagaimana pelaksanaan konten dakwah melalui media sosial yang terdapat dalam akun TikTok @risyad_bay, bagaimana evaluasi konten dakwah melalui media sosial yang terdapat dalam akun TikTok @risyad_bay, Teori yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teori manajemen POAC dari George Terry yang meliputi 1) Perencanaan (planning) 2) Pelaksanaan (actuating) dan 3) Evaluasi (controlling). Dan teori New Media dari Pierre Levy. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif serta paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dengan data primer dan data sekunder. Adapun, sumber pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pengelolaan akun TikTok @risyad_bay telah sesuai dari teori manajemen POAC yaitu: 1) Perencanaan (planning) : perencanaan yang disusun dalam pengelolaan akun TikTok terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu penetapan tujuan, tema, materi, alokasi waktu, program, dan sasaran dakwah; 2) Pelaksanaan (actuating) : pelaksanaan pengelolaan akun TikTok dilakukan dengan cara selalu monitoring atas perencanaan yang sudah dibuat. 3) Evaluasi (controlling) pengelolaan akun TikTok yang dilakukan Risyad melalui proses tolak ukur keberhasilan dalam bentuk viewers, like, dan juga komentar atas pemahaman dari khalayak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Konten Dakwah; TikTok; @risyad_bay
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lu'lu Mar'atul Farhah
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:24
Last Modified: 27 Jul 2023 01:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72502

Actions (login required)

View Item View Item