Masriaah, Ade (2023) Penerapan metode Picture and Picture berbantuan Puzzle Game untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.docx.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (717kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil studi pendahuluan di salah satu MTs bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perlu ditingatkan. Salah satu alternatif untuk meningkatkannya adalah menerapkan metode Picture and Picture berbantuan Puzzle Game. Tujuan penelitian ini adalah: (a) untuk memperoleh gambaran dan informasi mengenai proses pembelajaran Picture and Picture berbantuan Puzzle Game ; (b) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan metode Picture and Picture berbantuan Puzzle Game dan konvensional; (c) untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan metode Picture and Picture berbantuan Puzzle Game. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B di salah satu MTs. Data diperoleh menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan non tes berupa lembar observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian: (a) Proses pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture berbantuan Puzzle Game berjalan cukup baik dan mengalami peningkatan setiap pertemuannya; (b) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan metode Picture and Picture berbantuan Puzzle Game lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional; (c) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran Picture and Picture berbantuan Puzzle Game dan konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah; Picture and Picture; Puzzle Game; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Mathematics Drawing and Drawings by Subject |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ade Masriaah |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 00:29 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 00:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73231 |
Actions (login required)
View Item |