Sakinah, Risya Nurul (2017) Pengaruh game online terhadap mental anak: Studi kasus pada anak usia 9 tahun di SDIT Attaubah Kaum I Karawang Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
Abstract
Salah satu bukti kemajuan dan perkembangan dari teknologi internet diera globalisasi ini yaitu mulai berkembangnya permainan secara online atau sering disebut dengan nama game online. Secara afektif permainan game online membuat anak anak ingin memainkan peran yangada dalam permainannya, yaitu dengan berpura-pura menjadi tokoh dalam permainannya Anak yang pada usia sekolah dasar yang selalu bermain game online akan mengalami penurunan prestasi belajar, maka dari itu perlu untuk dideteksi mentalnya atau jiwanya. Mental anak itu akan sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak jika setiap anak tidak dapat mengontrol diri terhadap fenomena yang terjadi terhadap game online. Maka, dalam skripsi ini dapat diuraikan rumusan masalahnya yaitu: Bagaimana Mental Anak Kelas 4 di SDIT At-Taubah Kaum I Karawang,dan Bagaimana Dampak Game online Terhadap Mental Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendapatkan bukti data yang empiris, bagaimana mental anak SDIT At-Taubah kelas 4 SD di sekolah At-Taubah Kaum I Karawang, dan juga bagaimana pengaruh pengaruh game online terhadap mental anak. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menekankan pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengukuran data yang pokok. Analisis data penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana, dan uji-T. Berdasarkan hasil penelitian khususnya anak-anak SDIT AtTaubah. kelas 4 sedikit banyak telah terpengaruh dari efek game online, dan anak-anak SDIT saat ini sedang menggandrumi permainan game online. Sedangkan dari hasil perhitungan menunjukan T hitung sebesar 8,675 dan T tabel sebesar 0,244. Apabila T hitung > T tabel maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan Hipotesis nol (H0) ditolak, dan artinya ada pengaruh yang signifikan antara game online terhadap mental anak usia Sembilan (9) tahun. Penjabaran tersebut bahwa game online berpengaruh terhadap mental anak. Game online berpengaruh terhadap variabel mental anak dengan nilai koefisien regresi sebesar 5,06%, pada penelitian ini nilai pengaruh game online terhadap mental anak menunjukan nilai yang sangat tinggi. Maka, berdampak pada emosional, sosial, dan moral anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game online; mental anak |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence Public Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | PKL6 SMKN 11 GARUT |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 07:07 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73238 |
Actions (login required)
View Item |