Huda, Miftahul (2023) Implementasi moderasi beragama melalui pembinaan budaya religius : Studi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandung dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Manba’ul Huda Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (760kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
Abstract
Realitas keragaman latar belakang peserta didik madrasah dapat berpotensi menimbulkan konflik. Apabila realitas tersebut tidak dikelola dengan baik, maka akan menimbulkan perilaku kekerasan secara verbal (bullying) atau fisik sebagaimana fenomena tawuran antar sesama peserta didik yang kerap terjadi dewasa ini. Hal tersebut merupakan dampak dari tidak dimilikinya sikap moderat pada diri mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: tujuan, program, proses, faktor pendukung dan penghambat serta dampak implementasi moderasi beragama melalui pembinaan budaya religius di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandung dan Madrasah Aliyah Swasta Manba’ul Huda Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa sikap moderasi beragama peserta didik dapat dibentuk oleh kegiatan budaya religius melalui serangkaian nilai-nilai agama yang dikembangkan dan dilaksanakan oleh seluruh warga madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan metode deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tujuan moderasi beragama melalui pembinaan budaya religius di MAN 2 Bandung dan MAS Manba’ul Huda Kota Bandung adalah untuk melahirkan peserta didik moderat, 2) Program moderasi beragama melalui pembinaan budaya religius di MAN 2 Bandung dan MAS Manba’ul Huda Kota Bandung diwujudkan melalui program pengajaran, pembiasaan, peneladanan, pemotivasian dan penegakan aturan, 3) Implementasi moderasi beragama melalui pembinaan budaya religius di MAN 2 Bandung dan MAS Manba’ul Huda Kota Bandung diwujudkan melalui proses pengajaran, pembiasaan, peneladanan, pemotivasian dan penegakan aturan, 4) Faktor pendukung dan penghambat implementasi moderasi beragama melalui pembinaan budaya religius di MAN 2 Bandung dan MAS Manba’ul Huda Kota Bandung dipengaruhi oleh faktor pendukung internal dan eksternal serta faktor penghambat internal dan eksternal, dan 5) Dampak implementasi moderasi beragama melalui pembinaan budaya religius di MAN 2 Bandung dan MAS Manba’ul Huda Kota Bandung Bandung tercapai dengan terwujudnya peserta didik yang moderat.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moderasi; Beragama; Pembinaan; Budaya; Religius |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miftahul Huda |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 03:36 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 03:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73699 |
Actions (login required)
View Item |