Penerapan metode Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti : Penelitian pre eksperiment pada siswa kelas X SMA Negeri 26 Bandu

Azizah, Zahra Nur (2023) Penerapan metode Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti : Penelitian pre eksperiment pada siswa kelas X SMA Negeri 26 Bandu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama dan budi pekerti, dimana dalam proses pembelajaran tersebut hanya berlangsung satu arah yang mana guru lebih banyak aktif dibandingkan siswa dan banyaknya siswa yang telat masuk kelas sewaktu mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti akan dimulai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui beberapa hal diantaranya : (1) Penerapan metode reward dan punishment pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti di kelas X SMA Negeri 26 Bandung (2) Motivasi belajar siswa sebelum diterapkan metode reward dan punishment pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti di kelas X SMA Negeri 26 Bandung (3) Seberapa besar tingkat pengaruh penerapan metode reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti di kelas X SMA Negeri 26 Bandung. Penelitian ini didasari dari sebuah pemahaman bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satu faktor yaitu penggunaan metode belajar yang digunakan oleh guru. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran yaitu metode reward dan punishment. Dari hal itu maka hipotesis yang diajukan adalah pengaruh penerapan metode reward dan punishment diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Pre Experiment dengan model One Group Pretest-Posttest Design, dengan sampel Nonprobability Sampling dan teknik Sampling Purposive dengan sampel berjumlah 34 siswa pada kelas X IPS 5 (kelas eksperiment). Teknis pengumpulan data diantaranya dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan uji normalitas data, uji homogenitas, uji ngain dan uji-t berpasangan (dependent). Hasil penelitian ini yaitu : (1) Penerapan metode reward dan punishment pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti di kelas X IPS 5 (kelas eksperiment) terlaksana dengan baik dengan hasil observasi penerapan metode reward dan punishment guru 90% kategori “Sangat Baik” dan hasil observasi penerapan metode reward dan punishment siswa 79% kategori “Baik”. (2) Motivasi belajar siswa sebelum diterapkannya metode reward dan punishment termasuk kedalam kategori “Sedang” dengan hasil rata-rata pretest 59,2. (3) Terdapat pengaruh penerapan metode reward dan punishment yang cukup tinggi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti. Hal ini terlihat dari uji hipotesis thitung (12,4) ≥ ttabel (1,99) yang berarti H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Metode Reward dan Punishment; Motivasi Belajar
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahra Nur Azizah
Date Deposited: 23 Aug 2023 00:52
Last Modified: 23 Aug 2023 00:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73904

Actions (login required)

View Item View Item