Penerapan metode Sam'iyyah Syafawiyyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an : Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas V di SD Unggulan Al-Izzah

Nurhasanah, Iseu Siti (2023) Penerapan metode Sam'iyyah Syafawiyyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an : Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas V di SD Unggulan Al-Izzah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kemampuan sebagian besar siswa dalam membaca Al-Qur’an masih rendah, hal itu ditandai dengan rata-rata nilai bacaan Al-Qur’an siswa dibawah KKM yaitu dengan nilai rata-rata 65,59 sedangkan KKM mata pelajaran BTAQ adalah 75,00. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an diduga disebabkan oleh guru belum menggunakan metode yang tepat dalam mengajar. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an perlu digunakan metode yang dipandang lebih tepat. Dalam hal ini, peneliti akan menggunakan metode Sam’iyyah Syafawiyyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum menggunakan metode Sam’iyyah Syafawiyyah di SD Unggulan Al-Izzah, (2) proses pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Sam’iyyah Syafawiyah di SD Unggulan Al-Izzah, (3) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa setelah menggunakan metode Sam’iyyah Syafawiyyah di SD Unggulan Al-Izzah. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode Sam’iyyah Syafawiyyah. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan metode Sam’iyyah Syafawiyyah diduga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas V di SD Unggulan Al- Izzah Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menempuh pra siklus, dua siklus empat tindakan yang mana disetiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes lisan. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistic untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa 1) kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an sebelum menggunakan metode Sam’iyyah Syafawiyyah masih rendah dengan nilai rata-rata 65,59, 2) pelaksanaan penerapan metode Sam’iyyah Syafawiyyah berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. Nilai rata-rata aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas siswa diperoleh presentase sebesar 78% dengan kategori cukup dan pada siklus II aktivitas siswa diperoleh presentase sebesar 88% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus I aktivitas guru diperoleh presentase sebesar 93% dengan kategori sangat baik dan pada siklus II aktivitas guru diperoleh presentase sebesar 96% dengan kategori sangat baik, 3) kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an setelah menggunakakan metode Sam’iyyah Syafawiyyah mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kemampuan siswa pada siklus I sebesar 69,86 meningkat pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 77,43. Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Sam’iyyah Syafawiyyah dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Sam’iyyah Syafawiyyah; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; PTK;
Subjects: Islam > Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iseu siti nurhasanah
Date Deposited: 05 Sep 2023 05:13
Last Modified: 05 Sep 2023 05:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74306

Actions (login required)

View Item View Item