Suniarti, Rani (2023) Produk media pembelajaran berbasis edutainment Ular Tangga Biologi pada materi sistem reproduksi untuk meningkatkan keterampilan berpikir analisis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
Abstract
Abad ke-21 merupakan abad yang menuntut pendidikan untuk dapat mengaplikasikan keterampilan berpikir siswa dalam proses pembelajaran, Keterampilan berpikir ini salah satunya adalah keterampilan berfikir analisis. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan suatu produk media pembelajaran berbasis edutainment ular tangga biologi untuk mencapai tuntutan pendidikan abad 21 dalam ranah keterampilan berpikir analisis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development model 3-D (Define, Design, Develop). Karakteristik media ular tangga biologi yaitu merupakan salah satu media yang memanfaatkan teknologi website, media telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang mengacu pada kurikulum 2013, bersifat lebih modern, dapat digunakan secara fleksibel, mampu meningkatkan keterampilan berpikir analisis dan meningkatktan motivasi belajar siswa. Hasil peningkatan keterampilan berpikir analisis siswa memperoleh nilai rata-rata N-Gain keseluruhan sebesar 0,62 termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-gain tertinggi pada indikator mengorganisasikan yaitu 0,75 termasuk kategori tinggi. Siswa mengalami kendala sebesar 5% saat belajar menggunakan media pembelajaran berbasis edutainment ular tangga biologi dikarenakan jaringan internet yang kurang stabil sehingga memperlambat pengoperasian media, 10% siswa merasa bahwa desain media masih dapat dikembangkan serta 15% siswa masih terkendala dalam memahami materi karena belum terbiasa dalam menerapkan pembelajaran yang bersifat analisis. Hasil keseluruhan menunjukan bahwa produk media pembelajaran berbasis edutainment ular tangga biologi mampu meningkatkan keterampilan berpikir analisis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Edutainment; Ular Tangga Biologi; Keterampilan Berpikir Analisis; Sistem Reproduksi |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rani Suniarti |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 04:34 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 04:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74423 |
Actions (login required)
View Item |