Madaniah, Lilim Halimatul (2023) Pengaruh media pembelajaran Timeline Chart terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Al-Jawami: Penelitian quasy eksperimen pada siswa kelas IX MTs Al-Jawami Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (562kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3 .pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5 .pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka .pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MTs Al-Jawami pada dasarnya guru mata pelajaran SKI telah menerapkan berbagai macam media pembelajaran mulai dari media papan tulis, gambar dan video. Namun kenyataannya, masih banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan media timeline chart dimana siswa ditekankan untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan media pembelajaran timeline chart pada mata pelajaran SKI di kelas IX MTs Al-Jawami. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI setelah diterapkannya media pembelajaran timeline chart di kelas IX MTs Al-Jawami. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran yang menyatakan bahwa salah satu faktor penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran timeline chart bisa dijadikan alternatif yang dapat diterapkan pada proses belajar mengajar. Oleh karenanya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas IX pada mata pelajaran SKI menggunakan media pembelajaran timeline chart. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX MTs Al-Jawami. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, tes dan studi dokumentasi. Data kualitatif diolah dengan pendekatan logika dan data kuantitatif diolah dengan pendekatan statistik. Adapun teknik analisis data menggunakan: statistik deskriptif, uji normalitas, uji N-Gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media timeline chart dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan dan terlaksana dengan baik berdasarkan hasil rata-rata observasi sebesar 85,5 %. 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media timeline chart meningkat dengan kategori sedang berdasarkan N-Gain sebesar 0,3793. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh t-hitung 9,331 dan t-tabel 2,02. Maka terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Dengan demikian, terdapat pengaruh media pembelajaran timeline chart terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Al-Jawami (penelitian quasy eksperimen pada siswa kelas IX MTs Al-Jawami Cileunyi Bandung).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh; Media Pembelajaran; Timeline Chart; Hasil Belajar Kognitif; SKI; MTs Al-Jawami |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lilim Halimatul Madaniah |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 03:18 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 03:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74760 |
Actions (login required)
View Item |